Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Tata Kelola Yang Baik


Sekolah Santa Ursula BSD memiliki manajemen pendidikan yang memiliki visi yang mendalam, sekaligus operasional, artinya applicable dalam gerak pengelolaan pendidikan secara nyata. Jadi bukan suatu angan-angan atau bahkan rencana-rencana teoritis. Tata kelola yang baik dapat menjadi contoh dan tempat dimana orang belajar bagaimana mengelola dan melayani dengan baik.

Sekolah Santa Ursula BSD telah menjadi sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah Ursulin di Indonesia maupun sekolah lainnya. Dimana sekolah-sekolah tersebut belajar tentang manajemen yang telah dilakukan untuk mengelola sekolah Santa Ursula BSD. Hal ini dikarenakan sekolah Santa Ursula BSD memiliki tata kelola yang baik dan profesional. Bentuk sistem pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh sekolah Santa Ursula BSD antara lain :

  1. Manajemen Keuangan Satu Pintu.

    Santa Ursula BSD merasa perlu untuk mempermudah banyak pihak dalam proses keuangan. Maka, melalui manajemen Keuangan Satu Pintu yang dilakukan oleh Yayasan Sancta Ursula akan mempercepat proses pelayanan. Hal ini berguna demi mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah dan transparan dalam proses keuangan bagi banyak pihak.

  2. Perawatan Infrastruktur sekolah

    Santa Ursula BSD menyadari pentingnya infrastruktur yang baik guna menunjang proses pengelolaan pendidikan. Maka sistem perawatan infrastruktur dibuat untuk melestarikan fasilitas yang ada seperti pemerliharaan infrastuktur/gedung, taman, dan fasilitas lainnya di Santa Ursula BSD. Membangun kerja sama dengan pihak-pihak terkait termasuk tenaga konsultan, tenaga pemeliharaan infrastuktur dan keamanan.

  3. Pengembangan

    Menyadari perubahan jaman yang begitu cepat, Santa Ursula BSD telah membangun sistem yang dapat mengantisipasi perubahan tersebut tanpa ikut terhanyut oleh perubahan jaman dan menjadi kehilangan entitasnya. Pengembangan tidak hanya dalam teknologi penunjang pengembangan pendidikan tetapi juga pengembangan bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Pengembangan dilakukan dan dikaji secara mendalam sesuai konteks dan kebutuhan. Santa Ursula mengundang konsultan pendidikan dan tenaga kependidikan yang berkompeten dibidangnya, seperti, e-school management, retret, pelatihan, program S2 bagi guru pendidikan.

  4. Evaluasi dan Refleksi

    Santa Ursula BSD senantiasa melaksanakan evaluasi dan refleksi secara teratur. Upaya ini bertujuan untuk memperkuat penerapan dan pelaksanaan visi-misi dan nilai-nilai yang diajarkan Santa Angela, sebagai dasar spritiualitas sekolah ini.

...