Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Perpustakaan SD


Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan, penunjang kegiatan belajar peserta didik, memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Hakikat perpustakaan sekolah adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Oleh karena itu keberadaan perpustakaan dalam proses pembelajaran mutlak diperlukan karena perpustakaan memiliki dan menyimpan beragam sumber informasi yang lengkap dan selalu terbaru.

Dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu peserta didik dan tenaga pendidik menyelesaikan tugas-tugas dalam proses kegiatan belajar-mengajar.

Saat ini perpustakaan SD Santa Ursula BSD memiliki koleksi buku sejumlah 19.343 eksemplar, yang terdiri dari buku fiksi, non fiksi baik dalam bentuk komik maupun non komik, berbahasa Indonesia, Inggris, maupun bilingual. Selain koleksi buku, perpustakaan SD juga berlangganan majalah Bobo, Cathkids, Donal Bebek, Intisari, Kuark dan Tempo.

Untuk menumbuhkan minat baca peserta didik dan mengembangkan ketrampilan menulis, perpustakaan SD mempunyai program sebagai berikut:

  1. Promosi buku, yaitu peserta didik mempromosikan buku-buku yang telah dibaca dengan cara menuliskan sinopsis buku yang telah dibaca tersebut, agar teman lain tertarik untuk membacanya.
  2. Peminjaman buku gratis sesuai dengan Tema yang dibuat oleh Perpustakaan misalnya, bulan November adalah hari Pahlawan dan Kesehatan, maka buku-buku yang berkaitan dengan tema tersebut dipinjamkan secara gratis kepada peserta didik.
  3. Memberi penghargaan berupa kupon peminjaman gratis kepada kelas peminjam buku terbanyak, peserta didik peminjam buku terbanyak, peserta didik yang mempromosikan buku, dan peserta didik yang menyumbang buku.

Perpustakaan SD Santa Ursula BSD mendapatkan penghargaan dari Kompas Gramedia pada Acara Festival Perpustakaan Sekolah se-Jabodetabek tahun 2006 juara dengan kategori Sang Pelopor Perpustakaan.

...