Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Universitas Sanata Dharma


Adalah mitra dalam mengembangkan proses belajar dan mengajar bidang Matematika Realistik. Selama 12 tahun, Komunitas Santa Ursula BSD telah menjalani dan mempraktekan metode Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Bagi tenaga pendidik SD yang harus mengajar semua mata pelajaran, metode Pembelajaran Matematika Realistik ternyata mampu meningkatkan kompetensi sekalipun para tenaga pendidik yang terlibat tidak memiliki latar belakang keahlian pendidikan matematika.

Demikian juga yang terjadi dengan apa yang dilakukan oleh beberapa tenaga ahli dari Universitas Sanata Dharma. Misalnya Dr. B. Widharyanto, M.Pd. yang hadir sebagai mitra dalam pengembangan kompetensi belajar mengajar bidang Bahasa Indonesia. Pembinaan tenaga pendidik Bahasa Indonesia dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis nilai (value) beserta indikator pencapaian merupakan pembelajaran yang sangat bermanfaat dalam pembentukan karakter.

Selain itu, Romo Dr. Paul Suparno, SJ hadir setiap tahun sejak tahun 2002 untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan tenaga pendidik secara utuh sebagai tenaga pendidik dalam mengkritisi dan merefleksikan hal-hal yang inovatif di dalam dunia pendidikan Indonesia. Hal ini dilakukan agar Komunitas Santa Ursula BSD bisa maju dan terus mengikuti perkembangan dan perubahan up to date di bidang Pendidikan.

...