Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Tenaga Pendidik yang Kompeten


Tenaga pendidik memegang peranan penting dalam proses belajar-mengajar dan hasil dari proses tersebut. Tenaga pendidik berkualitas memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menghasilkan murid-murid yang berkualitas pula.

Itulah sebabnya, sekolah Santa Ursula BSD memiliki Program Pelatihan Tenaga pendidik yang terencana dengan baik. Sekolah inipun memiliki Sistem Peningkatan Performa Pengajar. Keterampilan tenaga pendidik terus ditambah dari waktu ke waktu. Sekolah juga memberi peluang kepada para tenaga pendidik untuk menambah ilmu melalui berbagai pelatihan, seminar, kursus dan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sampai saat ini sekolah Santa Ursula BSD telah memiliki 30 orang tenaga pendidik bergelar master dari disiplin ilmu psikologi, hukum, pendidikan, manajemen, bahasa inggris, sosiologi, sistem informasi dan teknologi informasi.

Tidak hanya membuat murid pintar secara akademis atau menguasai berbagai ilmu pengetahuan, para Tenaga Pendidik di sekolah Santa Ursula BSD juga berkewajiban menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi anak-anak didiknya. Nilai-nilai kehidupan inilah yang akan menjadi dasar bagaimana seorang anak akan berperilaku di dalam kehidupan sehari-harinya.

Sebelum bisa mengajarkan nilai-nilai kehidupan ini kepada anak-anak didiknya maka tenaga pendidik harus sudah menginternalisasikan dan menjalankan nilai-nilai kehidupan ini di dalam kehidupannya sendiri.

Tenaga pendidik adalah bagian penting dalam komunitas Santa Ursula BSD. Setiap Tenaga Pendidik di Santa Ursula BSD harus mampu menjadi role model (panutan-teladan) tidak hanya dalam proses pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diampunya tetapi juga dalam hidup keseharian. Setiap tenaga pendidik harus mampu memotivasi diri dan memberikan yang terbaik, mampu membangun komunikasi yang baik dengan setiap anggota komunitas. Agar mampu menjadi role model maka setiap tenaga pendidik juga harus mau (bersedia) dan mampu mengembangkan diri. Tidak hanya berhenti pada batas tertentu tetapi selalu berani berubah mewujudkan yang terbaik. Sr. Francesco selalu memberikan kesempatan kepada setiap tenaga pendidik untuk mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan, memberikan banyak pelatihan, mengikuti seminar, dan kesempatan studi lanjut (S1 dan S2). Tenaga pendidik-tenaga pendidik yang sudah menyelesaikan studi lanjut S2 tetap harus terus belajar melalui kursus Filsafat yang diadakan setiap hari Sabtu selama 3 jam pertemuan. Kursus diberikan oleh para pengajar yang sangat kompeten dalam bidangnya.

...