Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Pekan Pancasila Santa Ursula BSD 2018

Bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, sekolah Santa Ursula BSD menyelenggarakan suatu acara menarik sekaligus edukatif, yaitu Pekan Pancasila. Pekan Pancasila merupakan suatu acara yang berisi rangkaian kegiatan yang melibatkan peserta didik dari seluruh unit, mulai dari TB/TK, SD, SMP, sampai SMA. Acara ini bertujuan untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dan pluralisme dan memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengekspresikan pemikirannya mengenai Pancasila melalui berbagai bentuk karya dan kegiatan. Rangkaian kegiatan Pekan Pancasila berlangsung dari 22 Mei hingga 1 Juni 2018. Kegiatan-kegiatan yang diadakan pada Pekan Pancasila antara lain, lomba paduan suara, perayaan Ekaristi, Senam Pancasila, Pameran Kesenian, nonton bareng film “Lima”, upacara bendera, serta talkshow. Diadakan juga lomba membuat film pendek dan karya tulis dengan tema seputar Pancasila dan keberagaman.

Pekan Pancasila dimulai dengan lomba paduan suara yang diselenggarakan pada tanggal 22 Mei untuk TB-TK, 24 Mei untuk SD, 26 Mei untuk SMP, dan 28 Mei untuk SMA. Acara tersebut diselenggarakan di hall atau aula pada tiap unit. Semua kelas beranggotakan minimal 20 dan maksimal 30. Masing-masing kelas diberikan waktu latihan sekitar satu bulan. Juri lomba paduan suara tahun ini adalah Ibu Darpi, Pak Budi, dan Pak Hartono. Dari perlombaan ini, diambil satu juara di tiap jenjang.

Acara Pekan Pancasila dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi pada hari Rabu (30/5). Perayaan Ekaristi diikuti oleh peserta didik SMP dan SMA Santa Ursula BSD, para guru, serta Suster Francesco Marianti, OSU. Perayaan Ekarisiti dipimpin oleh Pastor Simon Petrus Lili Tjahjadi, Pr, dan berlangsung di Auditorium Santa Ursula BSD lantai 3 dari pukul 08.00 sampai kurang lebih 09.15. Dalam perayaan Ekaristi ini, Pastor Simon membahas lebih dalam tentang pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila terutama bagi generasi muda.

Kamis (31/5) diawali dengan senam Pancasila yang dilakukan serentak oleh semua unit mulai dari TB-TK hingga SMA. Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 dan dilanjutkan dengan kegiatan permainan tradisional. Dalam kegiatan ini, para guru dan kepala sekolah serta wakil kepala sekolah juga mengikuti senam pancasila. Lirik dari lagu yang digunakan untuk kegiatan senam pancasila ini diambil dari teks Pancasila, sementara lagunya diaransemen oleh Ibu Christina Darpi dan Ibu Yuliana Erikamurti, yang merupakan guru-guru TB-TK Santa Ursula BSD. Musik yang digunakan diciptakan oleh Bapak Harkuswa Hartono. Kegiatan ini berlangsung selama sekitar satu jam.

Keunikan kegiatan hari itu adalah diadakannya sejumlah permainan tradisional bagi peserta didik SMA. Ada tiga jenis permainan yang dimainkan pada hari itu, yaitu bola tembak dan benteng, estafet sarung, dan memasukkan pensil dalam botol. Permainan-permainan ini dimodifikasi sehingga menjadi lebih menantang. Memang apabila dilihat kembali, tidak semua dari permainan tersebut merupakan permainan tradisional seperti yang telah kita bayangkan. Namun, yang terpenting adalah nilai-nilai yang terkandung dalam permainan-permainan ini, seperti kerja sama dan komunikasi.

Kegiatan pada hari itu dilanjutkan dengan menonton bersama film "Lima". Film “Lima” adalah sebuah film yang mengandung nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini bertempat di AEON Mall BSD, dan melibatkan tak hanya siswa SMP dan SMA, namun juga para peserta didik kelas 4 dan 5 SD, guru, karyawan, dan juga Suster Fransesco Marianti OSU. Pemutaran film berlangsung dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.30. Film ini mendapatkan sambutan baik dari seluruh anggota Santa Ursula BSD, karena berhasil menggambarkan situasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tak sedikit pula nilai-nilai yang dapat dipelajari dari film tersebut, seperti cinta keberagaman, kebersamaan, bermusyawarah dalam mengambil keputusan, dan berani menegakkan keadilan.

Keesokan harinya, Jumat (1/6), kegiatan dimulai dengan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Kelahiran Pancasila. Upacara diikuti oleh peserta didik SMP dan SMA Santa Ursula BSD dan juga para guru SMP-SMA. Upacara dilakukan di lapangan rumput SMP-SMA Santa Ursula BSD, dan berlangsung dari pukul 07.00 hingga pukul 08.00. Semua peserta upacara mengikuti upacara dengan tertib dan khidmat. Adapun keistimewaan dari upacara bendera kali ini adalah adanya dua orang peserta didik, Evan dan Sebi dari kelas X IPB yang menyampaikan pendapatnya mengenai Pancasila dan perkembangan teknologi melalui orasi. Keunikan lain dalam upacara bendera kali ini adalah adanya bukan satu, melainkan lima orang pembaca doa, yang masing-masing membacakan doa dalam agama yang berbeda-beda. Gerakan ini mengingatkan kita semua bahwa Indonesia adalah negara yang penuh keberagaman dengan Pancasila sebagai pemersatu kita.

Pada hari yang sama, diadakan kegiatan talkshow dengan tema "Tantangan Relasi Keberagaman Di Era Digital". Acara ini diikuti tidak hanya oleh peserta didik sekolah Santa Ursula BSD, tetapi juga beberapa orang tua murid yang diundang oleh sekolah, serta beberapa peserta didik dari Santa Ursula Jakarta, Kolese Kanisius, dan SMA Yadika 5. Talkshow ini dibawakan oleh 3 narasumber, Dara Nasution, Margareta Astaman, dan M. Guntur Romli, dengan Pak Bayu sebagai moderator. Acara dibuka dengan menyanyikan bersama lagi Indonesia Raya dan pemutaran pemutaran film pemenang lomba film kategori SMP, dilanjutkan dengan kegiatan pembahasan dan tanya jawab oleh para narasumber dan selingan pemutaran film pemenang loba film kategori SMA dan presentasi tentang flora endemik Indonesia oleh peserta didik dari TB. Kemudian kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba-lomba di pekan Pancasila, penampilan pemenang lomba paduan suara tingkat TK, SD, SMP, dan SMA, serta penampilan dari band SMA Santa Ursula BSD. Acara ini memberikan kesan baik kepada orang tua siswa, yang salah satunya mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat untuk mengajarkan anak cara menerapkan Pancasila, dan juga kepada salah satu narasumber, Dara Nasution, yang mengatakan bahwa beliau salut akan kegiatan ini karena melibatkan banyak murid dari berbagai jenjang yang berbeda, sehingga mereka dapat menampilkan kreativitas mereka.

Dengan berakhirnya talkshow, berakhir juga rangkaian kegiatan Pekan Pancasila. Dengan acara ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang melestarikan Pancasila, sehingga dasar negara kita bisa terus menjadi tonggak pemersatu bangsa Indonesia.

...

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_event_detail_artikel.php

Line Number: 35

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_event_detail_artikel.php
Line: 35
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\Event.php
Line: 140
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back