Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

SD


Salam Sejahtera...

"SEKOLAH DASAR"... dari namanya kita melihat bahwa proses pendidikan formal dimulai pada sekolah dasar. Di Sekolah Dasar, anak-anak mulai beralih dari dunia bermain sepenuhnya (Taman Kanak- kanak) ke dunia belajar.

Pembelajaran di Sekolah Dasar mengarah pada tercapainya kompetensi membaca, menulis, dan berhitung. Hal ini berarti bahwa di Sekolah Dasar, anak-anak mulai belajar membaca, menulis, dan berhitung.

Di SD Santa Ursula BSD, tujuan akhir belajar membaca dan menulis bukanlah sekedar "membunyikan" rangkaian huruf-huruf. Membaca berarti memahami isi bacaan, mengambil inti sari bacaan, dan menuangkan kembali gagasan dalam bacaan tersebut secara lisan maupun tulisan. Di sisi lain, kemampuan motorik halus dan pengendalian diri pun diasah melalui kegiatan menulis. Kesatuan ide di pikiran akan dituangkan melalui goresan tangan yang terkontrol dengan baik. Selama menulis, anak-anak pun belajar menguasai dan mengontrol anggota tubuh mereka. Hal ini merupakan salah satu cara untuk belajar mengelola emosi dalam diri mereka.

Demikian pula dengan kemampuan berhitung. Melalui benda-benda yang ada di sekitarnya, anak-anak akan belajar tentang konsep bilangan. Pemahaman bahasa pun sangat diperlukan dalam penerapan pelajaran berhitung.

Selain itu, sesuai dengan visi misi sekolah yaitu "Manusia Utuh, Cerdas, dan Melayani" SD Santa Ursula BSD membantu peserta didik mengenali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Bukan sekedar potensi akademis melainkan potensi apa pun, entah itu seni, olahraga, ataupun sosial. Melalui setiap kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk belajar berdisiplin, mandiri, bertanggung jawab, dan mampu memimpin diri sendiri serta membuat pilihan-pilihan sesuai dengan tingkat usia perkembangan mereka.

Salam,

Victoria Istiningsih

Kepala Satuan Pendidikan SD Santa Ursula BSD

...