Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

SMA


Santa Ursula BSD memiliki komitmen untuk mengembangkan dan menumbuhkan seluruh anggota komunitas dalam berbagai aspek untuk menjadi manusia utuh, cerdas dan melayani. Untuk mencapai keutuhan pembinaan yang mengembangkan kemampuan berpikir dan mengembangkan kreativitas dilakukan seimbang dengan memperhatikan nilai hidup kedisiplinan, kerjasama, kemandirian, kejujuran, religoisitas, kepekaan, daya juang, penghargaan, tanggung jawab dan cinta lingkngan. Anggota komunitas juga dibina untuk menjadi cerdas. Cerdas dalam arti mampu berpikir kritis, sistematis, maupun cerdas dalam menyikapi berbagai situasi di lingkungan sekitarnya sehingga mampu melayani dan mengabdi bangsa, negara, dan gereja 100%.

SMA Santa Ursula BSD memiliki kekhasan dalam pembinaan khusus peserta didik. Pembinaan dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan peserta didk dengan menyelaraskan tahap perkembangan mereka. Pada tahun pertama sebagai dasar pembinaan sekolah membangun pondasi dengan memberikan pelatihan kebiasaan efektif ( seven habits). Kebiasaan yag ditanamakan untuk be proactive, begin with the end in mind, put first things first, think win win, seek first to understand then to be understood, synergize, dan sharpen the saw dengan tujuan peserta didik menjadi pribadi yang berkembang efektif. Dasar yang kedua adalah pengembangan fisik dan mental. Peserta didik harus memiliki badan sehat dan stamina kuat serta mental yang tangguh agar mampu menjalani pendidikan dengan optimal.

Pada tahun kedua pembinaan dititkberatkan pada penguatan karakter. Peserta didik menjalani pedidikan pengembangan karakter dengan belajar di alam terbuka. Kegiatan ini bekerja sama dengan Outward Bound indonesia. Di alam terbuka dihadapkan pada tantangan-tantangan yang ada, peserta didik melatih kepemimpinan, bekerja sama, bersinergi, dan berpikir kritis untuk menyelesaikan tantangan, menghadapi rasa takut dan mengendalikan emosi, mengatasi kelemahan dan mengoptimalkan kekuatan. Dalam tahun kedua ini juga ketika peserta didik berada pada fase perkembangan peralihan dari anak-anak menjadi dewasa mereka mendapatkan pendidikan seksualitas. Bagi mereka yang memiliki bakat kepemimpinan yang menonjol dan ingin mengembangkannya sekolah memberikan pelatihan prakaderisasi yang bertujuan membentuk peserta didik menjadi pemimpin alternatif yang peduli pada mereka yang miskin dan tersisih.

Pada tahun terakhir pelatihan diberikan untuk menyiapkan mereka terjun ke masayarakat, maka dirancang kegiatan live in, kegiatan hidup bersama dengan masyarakat di desa. Bagi mereka yang beragama Katolik dan non katolik yang berminat diberikan kegiatan retret. Dalam retret ini mereka diberi kesempatan untuk merenung, memikirkan dengan jernih ketika dalam persimpangan ke arah mana kehidupan akan mereka bawa. Bagi kelompok prakaderisasi diberikan pelatihan tahap kedua untuk memantapkan dan mematangkan bakat kepemimpinan mereka.

Dengan menjalani pendidikan selama tiga tahun di SMA Santa Ursula BSD diharapkan peserta didik menjadi pandai dan cerdas dan lebih utama dengan dibekali pendidikan karakter mereka menjadi pribadi yang berbudi luhur, unggul, dan berkarakter kuat.

Salam,

Anik Pamungkasih

Kepala Satuan Pendidikan SMA Santa Ursula BSD

...