Masih banyak orang disekitar kita yang mungkin tidak seberuntung kita. Ada yang tidak berkecukupan, tidak mempunyai anggota keluarga, bahkan ada yang tidak mempunyai anggota tubuh lengkap atau berfungsi dengan baik. Di sisi lain, betapa banyak orang yang terkesima dengan apa yang dimiliki orang lain. Ia tidak pernah bersyukur dan tidak pernah merasa cukup atas apa yang telah dimiliki. Maka dari itu, peserta didik kelas IX SMP Santa Ursula BSD mengadakan sebuah aksi sosial yang diharapkan dapat memberikan kesadaran, bahwa masih banyak orang-orang di sekitar kita yang belum beruntung.
Pada hari Selasa 31 Oktober 2017, seluruh peserta didik kelas IX mengadakan kegiatan “Anjang Kasih”. Kegiatan ini berlangsung di lima tempat yang berbeda. Kelima tempat tersebut adalah SLB Bhakti Luhur, SMPLB/B Pangudi Luhur, SD Pangudi Luhur, Panti Werdha Bina Bhakti, dan SLB BCD Nusantara. Seluruh peserta didik kelas IX dibagi menjadi lima kelompok yang berbeda dan setiap kelompok tersebut akan mengunjungi salah satu tempat yang sudah ditentukan oleh wali kelas.

Pada hari yang sudah ditentukan, semua peserta didik berkumpul di hall sekolah dan berdoa untuk keselamatan dalam perjalanan serta kelancaran acara. Ketika jam menunjukkan pukul 06.30, mereka diperbolehkan untuk berangkat ke tempat tujuan masing-masing. Sebelumnya, kelompok sudah mencari tahu lokasi dan alat transportasi yang bisa mereka gunakan. Mereka memiliki kebebasan untuk menentukan mode transportasi; ada yang menggunakan mobil pribadi, angkutan online, dan angkutan umum.

Sesampainya di tempat yang dituju, peserta didik memulai acara yang sudah dirancang beberapa hari sebelumnya. Ada yang mengisi acara dengan permainan, senam, menyanyi bersama, menggambar, semuanya disesuaikan dengan tempat yang telah mereka tuju.  Mereka semua mulai beradaptasi dengan lingkungan yang cukup asing bagi mereka. Walaupun awalnya terlihat canggung, namun lama kelamaan mereka mulai terbiasa dengan keadaan. Setelah acara selesai, peserta didik memutuskan untuk kembali ke sekolah, karena jadwal acara dibatasi hingga pukul 12.45.
Walau kegiatan ini terbilang cukup sederhana, namun banyak sekali hal yang dapat diperoleh. “Saya belajar untuk tidak terus-terusan mengeluh, justru kita harus berusaha untuk mencapai tujuan kita. Bila ada rintangan, anggap saja itu adalah pelajaran bagi kita dalam hidup ini supaya nantinya kita tidak lembek,” ujar Vicky salah satu peserta didik yang berkunjung ke SD Pangudi Luhur.

Selain itu, ada juga hal-hal yang berkesan karena banyak kejadian yang tidak terduga. “Hal yang membuat saya terkesan adalah saat saya mengetahui asal mulanya terbentuk SLB itu. Mata saya terbuka akan dunia yang belum pernah saya sentuh. Ternyata masih banyak orang yang butuh perhatian lebih daripada saya. Walaupun keterbatasan fisik, perasaan bahagia dan cinta itu tak luput dari hati mereka. Banyak dari mereka yang ikut merawat adik-adik kecil dengan memeluknya, menjaga agar tidak berlarian, dan sebagainya. Padahal mereka sama-sama memiliki keterbatasan,” ujar Lina yang berkunjung ke SLB Bhakti Luhur.

Kegiatan ini dibuat bukan hanya untuk pembelajaran di luar kelas semata, namun untuk membuka wawasan mereka, bahwa masih banyak orang di luar sana yang kurang beruntung. Ada yang ditinggal keluarganya dan terpaksa harus tinggal di Panti Werdha, ada yang memiliki kekurangan fisik sehingga harus bersekolah di tempat khusus dan masih banyak hal lainnya. Melalui kegiatan ini pula, peserta didik diajak untuk belajar mensyukuri atas semua hal baik yang mereka miliki dalam kehidupannya dan belajar untuk peka dalam memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Anjang Kasih untuk Menjalin Kasih

(Candy, Hilary, dan Angelyn / IX C) 2018-01-16

SANTA URSULA BSD

Jln. Letnan Sutopo Sektor I.2
Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan
Banten - Indonesia
P: (021) 5372641-2
sanurbsd@cbn.net.id

INFORMATION

Visi Misi
News
Gallery
Contact

© MULTIMEDIA Santa Ursula BSD 2015