Hari yang menyenangkan bagi peserta didik kelas V SD Santa Ursula BSD berkunjung ke Taman Buah Mekarsari Cileungsi, Bogor. Pada hari Selasa, 27 Februari 2018 peserta didik dapat menikmati keindahan Taman Buah Mekarsari yang merupakan satu-satunya taman buah yang ada di Indonesia. Karyawisata ini diselenggarakan dalam rangka menambah wawasan tentang berbagai jenis buah yang merupakan salah satu keanekaragaman tanaman di Nusantara.
Peserta didik kelas V berangkat dari SD Santa Ursula BSD menuju lokasi pada pukul 06.40 WIB. Perjalanan menuju lokasi wisata menggunakan tiga bus. Sampai di lokasi Taman Buah Mekarsari pada pukul 08.25. Dengan wajah ceria para peserta didik turun dari bus menuju tempat berkumpul. Para pemandu dengan senyum ramah menyambut kedatangan rombongan dari Santa Ursula BSD.
Kegiatan pertama yang dilakukan dalam acara wisata adalah mencangkok. Setiap peserta didik mendapatkan satu pohon jambu air yang sudah  dikerat bagian cabangnya. Para pemandu memberi arahan bagaimana proses pencangkokan yang benar dan mudah. Peserta didik mulai mencangkok dengan didampingi oleh para pemandu. Selain belajar mencangkok, peserta didik juga belajar sambung pucuk. Dalam kegiatan pencangkokan ini para peserta didik sangat terkesan karena dapat mempraktekkan salah satu cara mengembangbiakan tanaman.
Kereta kendaraan khas Taman Buah Mekarsari menjemput peserta didik untuk mengantar mereka berkeliling kebun yang luasnya 264 hektar. Terdapat 1.470 tanaman buah. Selain tanaman buah terdapat pula tanaman-tanaman lain seperti tanaman rempah, tanaman sayur, tanaman obat, dan tanaman pelindung. Peserta didik sangat menikmati berkeliling melihat jenis tanaman di Taman buah yang dibuka pertama kali pada tahun 1995.
Kegiatan terakhir adalah outbond di wahana permainan. Paket yang ditawarkan adalah permainan yang cukup digemari anak-anak usia SD, antara lain permainan halang rintang, panjat tebing, dan flying fox. Pada kegiatan ini peserta didik terlihat sangat antusias. Selain bermain, peserta didik juga belajar bagaimana mengantri dengan baik saat akan mengikuti kegiatan. Setelah selesai permainan, peserta didik makan bersama yang sudah disiapkan oleh para pemandu. Tepat pukul 14.00 rombongan kembali menuju sekolah. Sampai di SD Santa Ursula BSD, peserta didik sudah ditunggu oleh orangtua dan mereka membawakan satu buah tanaman jambu air sebagai oleh-oleh untuk orangtua.

Berkunjung ke Taman Buah Mekarsari

Murgiyanto 2018-03-21

SANTA URSULA BSD

Jln. Letnan Sutopo Sektor I.2
Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan
Banten - Indonesia
P: (021) 5372641-2
sanurbsd@cbn.net.id

INFORMATION

Visi Misi
News
Gallery
Contact

© MULTIMEDIA Santa Ursula BSD 2015