Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Seleksi Super Ketat Calon Anggota Service Team International Ursuline Youth Camp

  • Posted: 2018-05-23
  • By: Hieronymus Y.P.

SMP dan SMA Santa Ursula BSD menyelenggarakan kegiatan seleksi yang ketat selama beberapa tahap bagi para peserta didik yang mendaftarkan diri menjadi calon anggota service team International Ursuline Youth Camp. Menurut Ibu Lisianawati, “Seleksi anggota service team dilakukan secara ketat karena para anggota service team akan memimpin jalannya acara International Ursuline Youth Camp pada bulan Agustus mendatang di Gunung Geulis, Sentul.”


Tahap pertama dilakukan pada bulan Maret di sekolah. Tahap pertama calon anggota diberikan tantangan kecekatan, kedisiplinan dan kepekaan, karena pada minggu-minggu tersebut akan ada waktu mereka harus berkumpul tepat waktu dan dengan atribut yang lengkap di lapangan sekolah. Mereka harus selalu sigap mendengar alarm stealing berupa peluit dari panitia seleksi. Alarm stealing sewaktu-waktu dibunyikan pada jam istirahat. Pada tahap ini mereka juga diberikan tantangan untuk membawa perlengkapan lengkap yang diinstruksikan oleh panitia seleksi sehari sebelumnya atau melalui papan pengumuman yang ada. Pada tahap ini juga mereka harus menjalani kegiatan seleksi fisik dan mental yang diselenggarakan sepulang sekolah, melalui kegiatan persiapan baris-berbaris, dinamika kelompok, dan fisik seperti ,push-up, sit-up, squad, dll.


Sedangkap pada bulan April dilakukan seleksi tahap kedua. Panitia seleksi menyiapkan mereka untuk menginap sehari-semalam di sekolah, dengan perlengkapan yang lengkap dan mengikuti kegiatan yang jauh lebih menantang dan berat, baik secara fisik dan mental. Dinamika kelompok, pelatihan fisik dan mental, problem solving dan alarm stealing juga tetap diselenggarakan. Alarm stealing juga dibunyikan pada pagi-pagi buta pada tahap ini. Menurut bapak Hari, “Alarm Stealing ini digunakan untuk melatih para calon anggota service team agar peka, sigap dan cekatan jika sewaktu-waktu ada kejadian darurat pada acara yang sebenarnya”. Selain itu ada kegiatan problem solving. Kegiatan ini diberikan agar peserta calon service team dapat menghadapi masalah dengan cara yang tepat dan menemukan cara dengan penalaran logis untuk mengatasinya.


Sedangkan tahap ketiga dilakukan di Offroad Race The Icon BSD pada minggu pagi tanggal 1 Mei 2018, pukul 06.00 sampai pukul 10.30. Pada tahap ini calon anggota service team diminta untuk datang tepat waktu pada tempat yang ditentukan dengan berjalan kaki. Lokasi antar-jemput bagi orang tua tidak boleh kurang dari 1 kilometer dari tempat kegiatan. Pada tahap ini peserta didik calon anggota service team tetap bersemangat dan datang tepat waktu walaupun kegiatan diselenggarakan pada hari libur sekalipun. Melalui serangkaian tahapan seleksi tersebut dari 169 peserta calon anggota service team yang mendaftar pada akhirnya hanya tersisa 94 peserta didik anggota service team yang terpilih dan untuk seterusnya diberikan pemantapan di Bumi Perkemahan Cisauk pada tanggal 25-26 Mei 2018 nanti dan Gunung Geulis pada bulan Juli mendatang

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 106
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 90
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back