Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

FLA@MUS

  • Posted: 2018-11-19
  • By: Agatha Kiara Christy - VII D/ 2

Selasa, 30 Oktober 2018 pukul 06.30, wajah-wajah ceria siswa kelas VII Santa Ursula BSD sudah berkumpul untuk karyawisata. Mereka akan mengunjungi Kota Tua, kota yang bersejarah, berjalan-jalan sambil belajar ke Museum Sejarah Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Bank Mandiri.

Kami berangkat dari sekolah pukul 07.00. Di dalam perjalanan, ternyata  di depan kawasan Monas ada suatu demo, tidak jelas sedang demo tentang apa, tetapi membuat kemacetan. Akhirnya kami sampai di museum yang pertama, yaitu, Museum Gajah/ Museum Sejarah Indonesia. Kami belajar dari kakak-kakak pemandu tentang batu-batu prasasti dari zaman kerajaan nusantara. 

Setelah itu, kami menuju Kota Tua dan terjebak macet karena demo yang sedang terjadi. Sesampainya di sana, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok kuning dan coklat mengunjungi Museum Wayang. Di sana kami belajar bahwa ternyata wayang ada berbagai jenis dan memiliki beberapa manfaat. Ada yang dipakai untuk pementasan, pesta, dan upacara adat. 

Kami langsung menuju Museum Fatahillah. Ternyata, dulu, di penjara bawah tanah museum ini pernah dipakai untuk menahan Cut Nyak Dien. Di museum ini kami belajar banyak tentang sejarah bangsa Indonesia.

Lalu, kelompok kami menuju ke Museum Bank Mandiri. Pemandu wisata kami mengatakan bahwa ada sebuah ruangan yang dipakai sebagai tempat syuting mata batin dan ada beberapa temanku yang masuk. Di museum ini banyak sejarah tentang perbankan di Indonesia sejak zaman Belanda dan sampai zaman modern. Hal ini sangat menarik karena kita belajar tentang kemajuan teknologi bangsa Indonesia.

Kami sangat bersyukur kepada Tuhan karena sudah memberi kami kesempatan untuk mempelajari sejarah Indonesia dan mendampingi kami selama perjalanan sehingga selamat sampai BSD kembali. Kami bersyukur dapat merasakan perjuangan para pahlwan yang, berkat kepatriotisme mereka, kami mampu merdeka sampai saat ini.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 107
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 90
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back