Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

PEMILOS SMP 2019

  • Posted: 2019-02-09
  • By: Faustine/9A-14

Sejak bulan Desember 2018 hingga Januari 2019, saya dan anggota badan formatur OSIS mengadakan rapat secara terus-menerus untuk merancang dan mempersiapkan properti  yang dibutuhkan saat hari 'H' pelaksanaan pemilos 2019. Kami terbagi dalam beberapa seksi dan saya berperan sebagai koordinator seksi acara. Dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak sebentar bagi kami semua untuk menyelesaikan rancangan pemilos 2019. Kami saling membantu satu sama lain agar dapat menyelesaikan rancangan dengan cepat dan optimal.

Pada hari Senin, 21 Januari 2019, diadakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMP periode 2019/2020. Pemilos diadakan di aula SMP-SMA Santa Ursula BSD dan diikuti oleh seluruh guru dan siswa/siswi SMP Santa Ursula BSD. Tema dari pemilos 2019 adalah “MAPALUS”, artinya suatu sistem atau teknik kerja sama dengan mengutamakan kepentingan bersama. Istilah itu diambil dari budaya suku Minahasa. Dekorasi yang digunakan bertemakan Indonesia. Kami mendekorasi panggung dengan beberapa bangunan adat yang terkenal di Indonesia. 

Pemilos dimulai pada pukul 09.30 dan berakhir pukul 12.45. Selama pemilos berlangsung, saya duduk di paling belakang  besama beberapa orang lainnya sebagai time keeper. Rangkaian acara pemilos dimulai dengan pembukaan dari MC dan kata sambutan dari Ibu Cicil. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan band Daun Pepaya, perwakilan dari kelas 9C. Selanjutnya, ada pidato dan sesi tanya jawab calon ketua OSIS (cakatos) 1, yaitu Payo-8A dan langsung disambung dengan pidato dan sesi tanya jawab calon wakil ketua OSIS (cawaketos) 1, yaitu Farrel-7A. Setelah itu, ada performance dari band 9A yang dilanjutkan dengan pidato dan sesi tanya jawab caketos 2, yaitu Jasmine-8A lalu diikuti dengan pidato dan sesi tanya jawab cawaketos 2, Caroline-7D. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan yang luar biasa dari tim modern dance kelas 9 yang bernama Indigo. Setelah performance dari Indigo berakhir, dilanjutkan dengan pidato dan sesi tanya jawab caketos 3, Bayu-8B. Selanjutnya ada pidato dan sesi tanya jawab cawaketos 3, yaitu Malda-7C. Selanjutnya, siswa/siswi dan guru diberi waktu istirahat selama kurang lebih 10 menit.

Setelah istirahat, rangkaian acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tata cara pencoblosan. Pencoblosan pun dilakukan oleh seluruh siswa/siswi dan guru. Selama pencobosan, siswa/siswi yang masih menunggu giliran untuk mencoblos, menyaksikan 5 video musikalisasi puisi dari kelas 9. Selain video muskialisasi puisi, ditampilkan pula dokumentasi kegiatan-kegiatan yang telah diadakan oleh OSIS 2018. Setelah proses pencoblosan selesai, pemilos ditutup dengan flashmob dari badan formatur OSIS. Kami menarikan tarian “Maumere” yang berasal dari Ende.  Kami mengajak siswa/siswi lainnya untuk ikut menari bersama dan rangkaian acara pemilos pun berakhir. 

Keesokan harinya, saya dan beberapa anggota badan formatur OSIS lainnya melakukan penghitungan surat suara. Kami juga melakukan peninjauan ulang terhadap nama-nama calon Badan Pengurus OSIS 2019. Dari suara terbanyak yang diperoleh, terpilih sebagai Ketua OSIS SMP periode 2019/2020 adalah Bayu-8B dengan Wakil Ketua OSIS Melda-7C. Beberapa hari kemudian, nama-nama Badan Pengurus OSIS 2019 dipajang di softboard. Saya merasa sangat senang karena pemilos 2019 dapat berjalan dengan lancar dan menurut saya hasil kerja keras selama ini memuaskan.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 108
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 90
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back