Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Nonton Bareng Film "Say, I Love You"

  • Posted: 2019-08-12
  • By: Ignacio IX

Setelah mengadakan acara nobar film “Lima” beberapa tahun yang lalu, Sekolah Santa Ursula BSD kembali mengadakan acara nobar film “Say, I Love You” yang berada di CGV Cinemaxx Teras Kota, BSD. Sebelumnya guru-guru Sekolah Santa Ursula BSD telah menonton film ini pada hari Jumat (26/7), kemudian pihak film pun berbicara kepada Suster Francesco Marianti, OSU. untuk menawarkan beberapa hal, salah satunya dengan mengadakan acara nobar lagi untuk murid Sekolah Santa Ursula BSD dan Suster pun setuju untuk mendanai acara nobar khusus SMP Kelas IX dan siswa SMA kelas X, XI, dan XII. 

Pada hari Senin (29/7/2019), kami pun berkumpul di hall dan pergi ke Teras Kota dengan kendaraan yang sebelumnya sudah disetujui setiap kelompok siswa. Kami pun tiba di Teras Kota, kemudian kami pergi ke bioskop dan mengabsensi diri kepada wali kelas masing-masing. Beberapa murid yang membawa uang diperbolehkan untuk membeli makanan yang akan disantap di dalam studio. Kami pun memasuki studio dan memilih tempat duduk yang nyaman. 

Film diputar pada pukul 12.00 dan berakhir lebih kurang dua jam setelahnya. Setelah film tersebut usai, kami didatangi sekelompok orang dan beberapa MC yang membahas film tersebut untuk membuat kami lebih paham akan kejadian-kejadian yang terjadi di film tersebut. Setelah itu, kami pun pergi ke tujuan kami masing-masing.

Menurut saya, dengan diadakan film tersebut yang bertumpu pada peristiwa nyata diharapkan siswa-siswi merefleksi diri serta semakin memahami arti dan nilai-nilai hidup. Dalam film tersebut, ditunjukkan peristiwa nyata dimana siswa-siswi di Sekolah Selamat Pagi Indonesia merupakan anak terlantar maupun yatim-piatu. Dengan melihat situasi hidup mereka yang seperti itu diharapkan siswa-siswi semakin meningkatkan penghargaannya kepada orang tua.

Perasaan saya tampaknya campur-aduk ketika menonton film “Say I Love You.” Ada kalanya saya merasa kesal dan ada juga dimana saya merasa termotivasi, serta sesekali tersentuh hati saya. 

Ada beberapa adegan menarik yang patut untuk dibahas, salah satunya yaitu proses dimana Koh Jul selaku pemilik sekolah turun tangan untuk mengubah tingkah laku perserta didik di sana. Koh Jul menjadi tokoh favorit saya di dalam film karena ia telah berjuang secara kreatif untuk mengubah pandangan murid-murid di sana. Ia menjadi tokoh yang menarik karena selama dalam proses itu, ia mengatakan beberapa kalimat motivasi yang membekas dalam hati saya. “Big Dream, Big Hope, Big Spirit, Big Action, Big Success,” serta “Life is A Choice” adalah salah satu dari kalimat motivasi dan renungan yang dipaparkan oleh beliau. Dengan mimpi yang besar akan mengacu kepada harapan yang besar. Memiliki harapan yang besar dibutuhkan semangat besar untuk melakukan hal-hal yang besar yang akan mengacu pada kesuksesan yang besar pula. Itulah arti dari motivasi pertama yang Koh Jul ucapkan yang membangun semangat murid-murid di sana, dari sekolah yang dikatakan buruk menjadi sekolah yang kreatif dan seru. 

Nilai-nilai apa yang dapat diambil dari peristiwa-peristiwa dalam film? Tentu, semua 10 nilai Santa Ursula dapat kita lihat di dalam film tersebut. Dalam persiapan debut pertamanya terdapat kerja sama dan daya juang. Ada juga penghargaan, cinta lingkungan dalam memelihara tanaman, religiusitas pada agama masing-masing, tanggung jawab dan kejujuran untuk mengakui kesalahan serta kedisiplinan dan kemandirian. 

Akhir kata, saya berterima kasih kepada Suster Francesco Marianti, OSU. dan Sekolah Santa Ursula BSD yang telah memberi kesempatan untuk belajar secara non-akademis melalui tontonan yang penuh dengan pemahaman dan arti hidup.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 108
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 90
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back