Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Parenting Zaman Now : Pembelajaran dari Direktur Sekolah Selamat Pagi Indonesia

  • Posted: 2019-08-12
  • By: Yulia Mariyani (I.Lia)

Sekolah Santa Ursula BSD memberikan perhatian yang besar terkait pemahaman cara mengasuh anak yang perlu dilakukan oleh orang tua peserta didik. Perhatian ini berangkat dari keyakinan bahwa keberhasilan pembelajaran peserta didik di sekolah tidak dapat dilepaskan dari pola asuh anak dalam keluarga.  

Tidak kurang dari 540 orang tua hadir dalam Seminar Parenting yang diadakan tiga hari yaitu Senin-Rabu, 5-7 Agustus 2019. Seluruh orang tua siswa SMP Santa Ursula BSD diundang untuk berpartisipasi dalam acara parenting ini. Kegiatan yang diadakan selama dua jam ini menghadirkan narasumber  Bapak Agus Setiadi selaku Direktur Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI). Sekolah ini berlokasi di Batu, Malang, Jawa Timur

Belajar dari  Bapak Agus Setiadi

Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) merupakan sekolah dengan karakteristik yang unik dan inspiratif. Sekolah SPI adalah sekolah gratis dengan latar belakang siswa yang multikultural dari seluruh Indonesia. Peserta didik yang diterima oleh sekolah ini memiliki ketentuan yang tidak biasa yani  siswa  tersebut harus yatim piatu, yatim/ piatu, tidak mampu secara ekonomi, dan tidak pandai. 

Sekolah yang berdiri pada tahun 2007 ini memiliki tiga aturan utama bagi seluruh peserta didiknya. Rambu-rambu bagi peserta didik yaitu tidak boleh pindah agama, tidak boleh pacaran, dan tidak boleh mencuri. Saat ini jumlah siswa yang diterima SPI berjumlah 90 anak setiap angkatannya.

Lima Karakteristik Orang Tua Zaman Now 

Dalam paparannya, Bapak Agus Setiadi menyampaikan lima karakteristik utama yang perlu dikembangkan oleh orang tua kekinian dalam pengasuhan anak. Kelima karakteristik ini adalah orang tua menjalankan peran sebagai present person, memposisikan diri sebagai best friend, menempatkan diri sebagai consultant, menjalankan fungsi sebagai detective, dan role model bagi anaknya. Mari kita lihat satu persatu kelima karakteristik ini. 

1. Present Person

Langkah awal menjalankan peran sebagai present person adalah orang tua harus menyadari keadaan anak dan peran utama sebagai orang tua zaman now. Orang tua harus selalu update, tetapi harus selektif terhadap hal-hal yang menjadi dunia anak zaman sekarang (film, lagu, makanan, sosial media, dan lain-lain). 

2. Best Friend

Orang tua memposisikan diri sebagai teman bagi anak. Tindakan sederhana yang dapat dilakukan adalah membuat anak menjadi nyaman dengan cara masuk melalui pintu anak, keluar melalui pintu orang tua. Adapun yang dimaksud adalah masuk dengan cara yang disukai anak dan keluar/hasil akhir dalam harapan (persepektif) orang tua. 

3. Consultant

Dengan menjadi best friend, orangtua akan lebih dapat menjalankan perannya sebagai consultant dalam mendampingi dan memberikan masukan kepada anak terkait dengan pendidikan, karier,  pernikahan (memilih jodoh yang tepat), wealth management, dan kehidupan.  

4. Detective

Ketika menjadi detektif  orang tua harus “kepo” atau memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk memahami dan melayani anak. Dalama hal ini orang tua selalu berusaha mencari tahu hal yang sedang dialami, disukai oleh anaknya berdasarkan rasa ingin tahu dan belajar dari anak tanpa rasa curiga.

5. Role Model

Keteladanan (role model) menjadi aspek yang sangat penting bagi perkembangan kepribadian anak. Dalam hal ini, orang tua harus menjadi contoh bagi anaknya karena anak zaman sekarang tidak bisa diperintah, anak belajar dari hal yang mereka lihat. 

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 108
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 90
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back