Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

INSINYUR SANUR BSD

  • Posted: 2019-08-12
  • By: Karol IX-A

Selama tiga tahun saya duduk di bangku SMP, ini merupakan sosialisasi yang paling mengesankan bagi saya. Pada dasarnya kita tidak bisa hanya mengasah hard skills saja, tetapi soft skills juga harus dilatih agar kita tidak hanya pandai dalam pengetahuannya saja, juga pandai dalam keterampilan dan sikap. Hal ini diwujudkan di Santa Ursula BSD dengan adanya 10 nilai yang diterapkan oleh seluruh keluarga Santa Ursula BSD serta program-program yang dibuat oleh OSIS. Selain itu, Santa Ursula BSD juga menawarkan berbagai macam ekstrakurikuler dan pembinaan yang dapat diikuti seluruh siswa-siswi. Semua ini disosialisasikan melalui program Insinyur.

Insinyur yang merupakan singkatan dari Ini Sosialisasi dan Dokumentasinya Sanur, adalah program yang direalisasikan oleh Badan Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (BP OSIS) SMP Santa Ursula BSD dan dilaksanakan pada Rabu (17/7/2019). Siswa-siswi diberi gambaran mengenai berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, baik oleh sekolah maupun OSIS, sebagai wujud implementasi dari pengembangan soft skills peserta didik. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan sore, serta program OSIS. Siswa-siswi yang pernah mengikuti ekstrakurikuler atau pembinaan sore yang bersangkutan diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka selama berproses dalam kegiatan yang diikuti. Di sisi lain, program yang telah dibuat oleh BP OSIS disosialisasikan oleh Badan Pengurus OSIS itu sendiri.

Kami berada di ruang serbaguna sepanjang satu hari sekolah untuk menyaksikan penampilan-penampilan singkat serta sharing dari teman-teman kami. Untuk ekstrakurikuler, terdapat penampilan dari modern dance, daur ulang, desain mode, pergamano, membatik, guitar club, taekwondo, dan pencak silat. Sedangkan untuk pembinaan sore ada hidroponik, pramuka, dan kungfu shaolin. Kami juga menyaksikan sosialisasi ekstrakurikuler yang baru-baru ini didatangkan ke sekolah ini yaitu art factory, coding, dan animasi. Tidak hanya dari ekstrakurikuler dan pembinaan sore saja, kami juga menyaksikan penampilan dari band-band yang anggotanya pun sangat berbakat dan mampu mengguncangkan seluruh isi ruangan. Secara keseluruhan, setiap penampilan mampu menampilkan bakat mereka dengan baik dan dengan cara mereka tersendiri serta mampu berbagi apa yang mereka dapatkan berupa pengalaman, kesan, serta pengetahuan.

Dari BP OSIS sendiri, program yang mereka telah buat mereka sosialisasikan di sela-sela pergantian penampilan. Salah satu program yang baru bagi saya yaitu Pantun Tangga kepanjangan dari Sopan Santun Tangga. Pada dasarnya kita diajak untuk tertib dalam menggunakan tangga yang ada di sekolah dengan mengikuti jalur naik dan turun yang sudah ditentukan untuk meminimalisir kemacetan di tangga. Untuk mendukung sosialisasi, mereka juga menampilkan video dokumentasi dari kegiatan yang sudah berjalan. Maka dari itu, mereka sebut program ini sebagai Ini Sosialisasi dan Dokumentasinya Sanur. Ada penampilan video mengenai beberapa kegiatan ekstrakurikuler dan program OSIS yang telah berjalan seperti pengomposan dan pemilahan yang kontennya cukup mencairkan suasana.

Acara ini sangat berkesan bagi saya sebagai peserta yang menyaksikan keseluruhan acara dari awal sampai akhir. Selama satu hari ini saya belajar bahwa setiap kegiatan yang diselenggarakan di sekolah meski itu sering dipandang buruk oleh beberapa siswa memiliki ceritanya tersendiri yang unik dan berkesan serta banyak yang dapat dipelajari. Selain itu, dengan adanya pengembangan soft skills seperti ini dapat melahirkan orang-orang yang sangat berbakat. Semoga melalui acara ini orang-orang menjadi mulai ingin mengembangkan bakat serta keterampilan mereka dan semua orang bisa menerima manfaatnya.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 108
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 90
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back