Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Siapakah Santa Ursula?

  • Posted: 2015-11-09
  • By: Ratna Kumala

Kisah kehidupan Ursula tidak banyak diketahuidan banyak telah bercampur dengan legenda. Akan tetapi, hal itu tidak mengurangi nilai keperawanan dan kemartiran Ursula dan kawan-kawannya. Nama Ursula dikenal luas karena usahanya untuk membela ajaran iman dan mempertahankan kemurnian dirinya. Diilhami oleh kepribadiannya itu, Santa Angela Merici tidak segan-segan memilih Ursula sebagai pelindung bagi tarekat religius suster-suster yang didirikannya di Brescia pada tahun 1535. Tarekat suster-suster itu kini lazim dikenal dengan nama Tarekat Suster-Suster Ursulin (OSU).

 

Tarekat ini juga berkarya di beberapa wilayah keuskupan di Indonesia. Menurut buku Kisah Orang Kudus, Ursula hidup pada abad ke-4. Ia dikenal sebagai puteri seorang raja Inggris. Banyak pemuda tertarik padanya karena parasnya yang sangat cantik. Suatu ketika datanglah sebuah lamaran pernikahan dari seorang raja kafir, yang dengan tegas ia tolak. Untuk menghindari terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan, Ursula bersama para pembantunya melarikan diri ke Eropa. Setelah lama berlayar, mereka tiba di Koln, Jerman. Sesampainya di sana, dia bersama pembantu-pembantunya ditangkap oleh orang-orang dari suku bangsa Hun. Mereka dipaksa untuk menyangkal imannya dan berusaha merampas keperawanannya. Di dalam kondisi tersebut, Ursula tetap gigih membela diri. Akhirnya ia bersama pembantu-pembantunya dibunuh. Jenazah mereka kiranya dimakamkan oleh orang-orang Kristen yang ada di sana.

 

Santa Ursula dan kawan-kawannya dihormati Gereja sebagai orang kudus. Perlindungannya yang suci atas tarekat Ursulin yang didirikan Santa Angela Merici membuat tarekat itu berkembang menjadi suatu lembaga religius yang besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sosok Santa Ursula menjadi sosok menginspirasi karena ia adalah seorang perempuan yang tegas, pemberani serta rela mengorbankan dirinya bagi sebuah kebenaran.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back