Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Siapakah orang miskin ?

  • Posted: 2015-12-03
  • By: Andreas XI A1 / 5

Siapakah orang miskin? Kenapa mereka miskin ? Apa yang membuat mereka bisa bertahan ?
Sebelum saya mengikuti pelatihan pra kaderisasi ( prakar ) pada tanggal 1 hingga 4 November 2015, jawaban untuk ketiga pertanyaan tersebut cukup mudah. Saya memiliki paradigma terhadap orang miskin, mungkin ada juga  yang sependapat dengan saya, bahwa orang – orang miskin itu resah, frustasi, terpuruk, tidak bertanggung jawab, tidak berdaya juang, tertutup, terbelakang, kebinguagan dan sebagainya. Mereka miskin karena mereka malas, mereka bertahan karena tuntutan untuk hidup.

Tetapi, setelah saya mengikuti pelatihan prakar, pandangan saya akan orang miskin berubah. Saya diajak untuk melihat kembali realitas kehidupan orang miskin yang terjadi. Tidak hanya sebatas mengetahui saja, saya dituntut pula untuk menganalisa secara mendalam keadaan yang kini sedang terjadi dan mengaitkannya dengan tiga pertanyaan mendasar diatas. Ternyata, setelah 3 hari berpikir, berpikir, dan berpikir, pandangan saya akan orang miskin tidak semuanya benar. Orang miskin adalah orang yang juga berdaya juang, memiliki kreatifitas, bertanggung jawab, bertoleransi dan bersolidaritas, serta mereka memiliki harapan besar.

Seorang kader Ursula tidak berhenti pada tahap berfikir dan prihatin, namun harus disertai tindakan nyata. Saya bisa memulai dari hal – hal kecil seperti menghargai pendapat setiap orang, tidak membeda – bedakan teman, dan mencoba bergaul dengan teman yang “tersingkirkan” di pergaulan kelas. Memang  untuk terjun langsung kelapangan dan membantu yang membutuhkan bukan hal yang mudah bagi saya. Namun, besar harapan saya agar kelak saya bisa lebih dekat dengan orang miskin dan memberikan bantuan yang lebih berarti bagi mereka.

Akhir kata, saya merasa seluruh rangkaian pelatihan ini membuka mata hati serta wawasan saya terhadap orang miskin. Hanya tahu tidak cukup. Sebagai pemimpin alternatif, saya harus berani bertindak dan berani membantu sesama manusia.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back