Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Karyawisata ke Cinangneng

  • Posted: 2016-05-19
  • By: Silviana

Kamis, 25 Februari 2016 peserta didik kelas III SD Santa Ursula BSD melaksanakan karyawisata ke Cinangneng, Bogor. Rombongan berangkat pukul 07.00 dengan tiga bus. Perjalanan sampai tiba di lokasi kurang lebih dua jam.
Tujuan kegiatan ini, selain berwisata tentu saja untuk menambah wawasan tentang alam serta meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan. Program yang dijalankan adalah program “Poelang Kampoeng”. Kegiatan ini diawali dengan bermain angklung dan menyanyi lagu Sunda. Selanjutnya, peserta didik masuk dalam kelompok untuk melakukan “Tour Kampoeng”. Setiap kelompok dibimbing oleh pemandu berkeliling ke beberapa industri rumah tangga di kampung sekitar. Di kampung tersebut peserta didik dapat secara langsung mengamati penduduk yang melakukan pekerjaan rutin membuat berbagai barang kerajinan seperti gelang, gantungan kunci, lampu minyak, centong dan sendok dari batok kelapa, tas, keset, serta dompet dari anyaman.
Kegiatan lainnya adalah turun ke sawah. Pemandu menjelaskan proses bertanam padi hingga menjadi nasi. Peserta didik diajak merasakan dan belajar menanam padi. Setiap kelompok yang beranggotakan 10-11 peserta diajak turun ke sawah untuk menanam. Inilah acara yang dirasakan paling seru dan menantang. Kaos dan celana harus siap basah dan kotor. Namun demikian, peserta didik tampak sangat gembira. Mereka juga diajak memandikan kerbau bersama-sama. Peserta berkegiatan kembali dalam kelompok setelah makan siang. Secara bergantian mereka berjalan ke setiap pos yang telah disiapkan untuk belajar menabuh gamelan, menari Sunda, membuat kue (kue bugis) dan minuman tradisional (wedang jahe). Peserta juga belajar membuat wayang dari daun singkong dan melukis topi petani. Para guru ikut belajar dan membaur bersama peserta.
Kegiatan selesai tepat pukul 14.00. Semua peserta kembali berkumpul di ruang utama untuk persiapan pulang. Di akhir kegiatan, peserta mendapat pesan agar selalu mencintai dan terus menjaga alam. Acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para peserta. Walaupun terlihat lelah, peserta didik sangat gembira. Sepanjang perjalanan pulang, mereka saling bercerita tentang pengalaman yang diperoleh di setiap kegiatan yang diikutinya. Banyak peserta didik berkeinginan untuk kembali ke tempat itu dengan mengajak orangtuanya.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back