Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Peduli Sampah di Santa Ursula BSD

  • Posted: 2018-01-16
  • By: (Candy Bakry IX C)

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata “sampah”? Jijik, jorok, bau yang tak sedap, atau reaksi ingin muntah ketika kamu berusaha untuk membayangkannya? Hal seperti itulah yang sebagian besar peserta didik SMP dan SMA Santa Ursula BSD tunjukkan, ketika mereka dikumpulkan di aula sekolah untuk mendengarkan penjelasan dari perwakilan OSIS SMP-SMA mengenai kegiatan “Sampah, untuk Memperingati Hari Santa Ursula”. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2017. Sesuai dengan nama kegiatannya, acara ini memang dilakukan untuk memperingati hari pesta nama Santa Ursula, yang menjadi Santa pelindung sekolah.

Acara ini dikemas dalam bentuk perlombaan. Lomba yang diadakan terkesan unik, karena seluruh anggota kelas diminta untuk membawa sampah organik dari rumah. Sampah yang sudah terkumpul, kemudian ditimbang dan dibagi sesuai dengan jumlah anggota kelas. Pemenang perlombaan ini adalah kelas yang memiliki rata-rata bobot sampah terberat. Peserta harus cermat mengumpulkan sampah, karena jika panitia menemukan sampah plastik, tissue, kaleng, ataupun kertas, maka kelas tersebut akan didiskualifikasi. Tidak hanya itu saja, jika dalam pelaksanaannya terdapat anggota kelas yang tidak membawa sampah, maka kelas tersebut pun akan didiskualifikasi.

Yohanes Mikha Boediarto (kelas XII IPS) selaku ketua panitia menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan agar peserta didik lebih peka terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu, acara ini diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk membuang sampah dengan bijak, meminimalisir produksi sampah harian (rumah tangga), dan lebih mensyukuri barang maupun makanan yang mereka miliki.

Saat pagi hari, peserta didik datang ke sekolah dengan membawa kantong plastik yang berisi sampah organik. Ekspresi mereka beraneka ragam, ada yang terlihat jijik tetapi ada juga yang tersenyum lebar karena merasa dirinyalah yang paling banyak membawa sampah. Saat memasuki kelas, peserta didik disambut gembira oleh teman-temannya yang bahagia menyambut kedatangan sampah di kelas mereka. Tentu bau kelas menjadi tidak sedap, tapi mereka tetap harus bertahan sampai kelas mereka mendapat kesempatan untuk menimbang sampahnya.

Acara dimulai dengan ibadat yang dipimpin oleh petugas OSIS. Dalam renungan ibadat tersebut, peserta didik diajak untuk menyadari akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Selanjutnya dilakukan penimbangan sampah dari masing-masing kelas. Kegiatan ini dilakukan di lapangan SMP-SMA, yang terbagi ke dalam empat titik lokasi penimbangan. Setiap kelas bergiliran untuk menimbang sampah yang mereka kumpulkan.

Setelah pemilahan dan penimbangan yang dilakukan oleh panitia selesai, peserta didik dikumpulkan di hall SMP-SMA untuk mendengarkan pengumuman pemenang. Pemenang lomba dari SMP diberikan kepada kelas IX C dengan sampah seberat 49 kg dan pemenang dari SMA diberikan kepada kelas XII IPS 3 dengan sampah yang terkumpul seberat 174 kg. Perwakilan dari masing-masing kelas diminta maju untuk mengambil hadiah. Hadiah yang didapat adalah uang tunai sebesar 250 ribu rupiah. Semoga dari kegiatan ini peserta didik menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back