Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Cerdas Mendampingi Buah Hati

  • Posted: 2018-10-03
  • By: Valeria Tri Istiyanti

Menjadi orangtua di zaman now memiliki tantangan tersendiri. Anak-anak yang kita hadapi memiliki karakteristik yang berbeda dengan zaman sebelumnya. Mereka lebih melek teknologi dan seorang digital native. Untuk menambah wawasan orangtua berkaitan dengan anak zaman now, maka pada hari Kamis, 27 September 2018, TB-TK Santa Ursula BSD mengundang Ibu Feke Angge Pramita, M.Psi.,Psi. sebagai narasumber untuk membahas tema “Cerdas Mendampingi Buah Hati”. Pada pertemuan kali ini, orangtua diharapkan dapat datang bersama dengan pasangannya.

Pertemuan dimulai pukul 08.00 dengan pembahasan karakteristik anak jaman now. Mereka merupakan anak-anak yang sangat mahir menggunakan teknologi, sehingga mudah mengakses informasi dari berbagai sumber seperti smartphone, komputer, dan melalui tayangan televisi. Akibatnya, mereka kurang interaksi tatap muka dan memiliki waktu bersosialisasi serta bermain di luar. Dalam pengasuhan anak, kedua figur yaitu ayah dan ibu sangatlah penting, karena keduanya saling melengkapi. Anak-anak akan belajar bagaimana peran laki-laki dan peran perempuan terutama di dalam keluarga.

Orangtua yang dimaksudkan di sini bukan hanya ayah dan ibunya saja, melainkan semua orang dewasa di sekitarnya. Guru, saudara, kakek dan nenek, supir, pengasuh, om dan tante; mereka juga berperan dalam mendidik anak. Oleh karena itu, adanya komunikasi yang baik antara semua yang terlibat akan menjadi kunci keberhasilan dalam mendidik anak. Orangtua juga perlu mengetahui bahwa setiap perilaku anak pasti ada sebabnya. Dengan adanya observasi dan investigasi yang menyeluruh, diharapkan orangtua dapat menanggapi dengan bijaksana.

Tantangan terbesar bagi orangtua dan anak jaman now adalah kurangnya waktu, minimnya interaksi, dan banyaknya penggunaan gadget serta alat elektronik lainnya. Dalam menghadapi tantangan ini, orangtua diharapkan dapat meluangkan waktu secara kualitas maupun kuantitas dengan anak agar anak mendapatkan memori yang positif untuk perkembangan mereka. Dengan memenuhi kebutuhan anak akan kasih sayang, stimulasi, perhatian, perlindungan, dan kesehatan, anak akan berkembang sesuai dengan tugas perkembangan usianya.

Sebagai penutup, Ibu Feka memberikan beberapa tips dalam mendampingi anak; mendengar aktif, bermain bersama, dan hadir serta ada untuk anak. Semoga pertemuan ini bermanfaat bagi orangtua dalam mendampingi buah hati.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back