Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Wisata Budaya kelas VIII ke Setu Babakan

  • Posted: 2018-11-03
  • By: Patricia Mae Tanumihardja/8D

Pada tanggal 23 dan 24 Oktober 2018, peserta didik SMP Santa Ursula BSD kelas VIII melakukan perjalanan wisata budaya ke Setu Babakan, Jakarta Selatan. Setu Babakan merupakan sebuah area yang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya betawi. Di sana ada beberapa tempat belajar budaya khas betawi, yaitu belajar menari Sirikuning, berkenalan dengan alat  musik Gambang Kromong, masuk ke museum, membuat miniatur ondel-ondel, membuat kembang goyang, minum bir pletok, dan membuat kerak telor. Setu Babakan memiliki  zona statis yang dibeli pemerintah dan zona dinamis yaitu di bagian perdagangan. Lalu kami disajikan sebuah tarian khas Betawi oleh penari profesional. Mereka menari dengan tangan yang  lentik sehingga memberi kesan seperti merak yang anggun saat menari. 

Kami masuk sesuai kelompok yang sudah dibagi di kelas pada pertemuan sebelumnya. Wisata budaya kali ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama untuk kelas VIII A dan VIII B dan gelombang kedua untuk VIII C, VIII D, dan VIII E. Hal ini dilakukan agar semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Setelah sampai di Setu Babakan, kami belajar menari tarian Sirikuning. Kegiatan ini kami lakukan di lantai atas. Lantainya terbuat dari kayu. Kami harus berhati-hati saat naik atau turun tangga agar kepala kami tidak terbentur dinding saat turun. 

Setelah itu kami diperkenalkan alat musik khas Betawi yaitu Gambang Kromong. Gambang terbuat dari kayu dan kromong terbuat dari perunggu. Untuk memperindah suara, alat musik Gambang Kromong dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya seperti Kong Ahyan yang terbuat dari kayu, Tehyan yang mirip seperti biola yang lebih, dan Gong. Alat musik tehyan mirip seperti biola. Gambang Kromong merupakan pengaruh budaya Tiongkok terlihat dari alat ukiran dari alat musik yang memiliki gaya ukiran Tiongkok.

Lalu kami pergi ke museum Betawi. Di sana kami melihat baju pengantin khas betawi yang banyak macamnya. Saya juga melihat ondel ondel, batik betawi, alat musik Betawi, bahkan beberapa miniatur becak, dan  masih banyak lagi. Setelah itu, kakak pemandu mengajak kami untuk meminum minuman khas betawi yaitu bir pletok. 

Kami melihat dua rumah adat Indonesia antara lain rumah adat Joglo dan rumah adat Kebaya. Di rumah Joglo, kami ,membuat miniatur ondel ondel. Pertama kami diberi sebuah kok, dan beberapa potongan flanel untuk membuat pakaiannya. Lalu kami juga diberi spidol untuk menggambar wajah ondel ondel. Setelah itu, kami membuat kudapan khas Betawi yaitu Kembang Goyang. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kembang goyang adalah terigu beras, telur, mentega, santan, garam, gula, air putih, dan juga minyak.  Cetakan Kembang Goyang terbuat dari semacam besi berbentuk seperti bunga dan gagangnya terbuat dari bambu. Rasanya sangat lezat. 

Namanya “Selendang Mayang”. Minuman ini terbuat dari sagu aren, tepung beras, garam, gula merah, gula putih, santan, juga pewarna makanan (hijau dan merah). Mayang artinya cantik. Rasa santan pada selendang mayang menambah nafsu makan karena itu, selendang mayang sangat sesuai dengan para penyuka santan atau  untuk menyegarkan tubuh di hari yang terik dan panas. 

Setelah itu, kami belajar membuat kerak telor, masing-masing dari kami diberi satu kompor untuk membuat kerak telor. Satu-persatu dari kami belajar membuat dengan arahan petugas, juga belajar membumbuinya. Sebelum kegiatan bebas, kami pergi ke tempat dimana batik-batik dibuat dan bagaimana cara membuatnya. Kami belajar bagaimana cara membuat, bagaimana cara melukis, dan ala tapa saja yang digunakan. 

Kegiatan terakhir kami sebelum pulang adalah kegiatan bebas. Artinya kami dipersilakan untuk pergi di sekitar tempat ini, setelah makan siang. Banyak dari kami berkeliling sambil berfoto-foto. Pukul menunjukkan waktu sudah pukul 15.00 WIB. Kami berkumpul dan membuat baris berdasarkan kelompok masing masing, lalu mengucapkan terima kasih dan tidak lupa untuk berdoa.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back