Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

SOSOK PANUTAN HIDUP “ANGELA MERICI”

  • Posted: 2019-02-09
  • By: Sergio Lucasandro/9A-30

Sejarah Hidup

Santa Angela Merici adalah seorang pendiri Ordo Suster Ursulin dan Suster-suster Angelin. Pada tahun 1484, ketika Angela masih berumur 10 tahun orang tuanya meninggal dunia.  Ia pun kemudian tinggal bersama dengan pamannya. Sebagai anggota Ordo Santo Fransiskus, Angela membuka sekolah-sekolah agama untuk para gadis di kota kelahirannya Desenzano dan di Brescia, Italia. Pada tahun 1524 ia berziarah ke Tanah Suci dan mengalami kebutaan di Kreta. Untungnya sepulangnya dari ziarah matanya pun sembuh. Pada tahun 1525, Klemens VII tidak berhasil membujuknya untuk berkarya di Roma.

Ia mengalami sebuah penampakan pada tahun 1506 dan setelah itu ia mendirikan Serikat Ursulin dan Brescia pada tahun 1535. Ia kemudian menjadi pembesar di kelompok ini sampai kematiannya. Serikat ini didirikan untuk memerangi kebejatan moral dan membina iman kaum wanita muda. Mula-mula tanpa kaul resmi, para suster hidup di luar biara untuk merasul. Angela juga menulis buku wasiat, Nasihat Rohani, dan Aturan Ordo. Ia dinyatakan kudus pada tahun 1807 Angela meninggal pada tanggal 27 Januari 1540.  Tanggal kematiannya tersebut kemudian dijadikan tanggal untuk merayakan hidupnya.

 

Pengalaman Hidup

Selama saya bersekolah di Santa Ursula BSD, sejak saya belajar di Taman Bermain (TB) selalu diceritakan kisah tentang Angela Merici. Jujur awalanya saya bigung dan tidak mengerti tentang beliau. Siapa sebenernya beliau itu? Mungkin karena masih terlalu kecil jadi saya belum begitu mengenal dan memahami tokoh gereja yakni Angela Merici. Di jenjang SD saya mulai diperkenalkan peran hidup Santa Angela Merici. Angela Merici adalah seorang yang sangat rendah hati dan penyayang. Ia sangat mengasihi Kristus sebagaimana Kristus mengasihinya. Selama saya belajar sejarah dan biografi Santa Angela Merici, saya menemukan berbagai macam keunikan dalam diri Angela Merici. Selama masa hidupnya, beliau selalu berdoa dan menyerahkan diri pada Tuhan. Hal itu yang sangat menginsipirasi saya setiap harinya. 

Saya belajar untuk mempercayai bahwa Tuhan itu Maha Penyayang bagi semua anaknya. Selama ini saya belum mengenal Santa Angela Merici saya belum percaya bahwa Tuhan itu mencintai saya. Namun, lama-kelamaan saya mencoba mengenal beliau lebih dalam dan  semakin menumbuhkan rasa cinta saya kepada Tuhan. Pindah ke jenjang yang lebih tinggi (SMP), saya mempelajari banyak hal tentang Santa Angela Merici. Terutama pada nasihatnya yang keenam yaitu “Bagi Anda Hiduplah dalam sedemikian rupa sehingga Anda menjadi contoh bagi Saya.” Menurut saya itu merupakan suatu nasihat yang dapat kita teladani. Makna nasihat itu menjelaskan bahwa hidup kita sebenarnya biasa saja, tetapi kita bisa menjadi berkat bagi orang disekitar kita. 

Saya punya satu pengalaman yang ingin saya bagikan yakni ketika saya sedang dalam kegagalan dan saya merasa sangat terpuruk dalam hal itu. Saya ingat salah satu nasihatnya yaitu “Yakinlah dan percayalah maka Tuhan akan selalu ada di samping Anda.” Saat saya mengingat nasihat itu saya langsung berdoa dan minta pertolongan pada-Nya. Angela Merici adalah orang yang sangat patut untuk kita teladani dari sikap hidupnya. Beliau merupakan orang yang sangat mencintai Kristus Yesus hingga Ia merelakan diri untuk menjadi biarawati. Saat ini Santa Angela Merici merupakan pelindung dan pendiri dari Ordo Santa Ursula (OSU) dan jiwa pelayanan serta pasrah akan panggilannya dalam hidup patut menjadi inspirasi kita dalam menyikapi kehidupan. Pelajaran yang saya dapat dari sosok Angela Merici adalah hidup kita harus berpasrah pada Tuhan dan selalu percaya bahwa Tuhan itu selalu hadir dalam setiap langkah kita.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 25

Backtrace:

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\page_news_detail_unit.php
Line: 25
Function: _error_handler

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\views\template.php
Line: 112
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\application\controllers\News.php
Line: 165
Function: view

File: E:\xampp\htdocs\ws\index.php
Line: 315
Function: require_once

Back