VISI & MISI SANTA URSULA BSD

VISI

Manusia Utuh, Cerdas, dan Melayani.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan memberikan pelayanan pendidikan formal: Taman Bermain(TB), Taman Kanak - Kanak (TK), Sekolah Dasar(SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengeh Atas (SMA).

  2. Mendampingi peserta didik sebagai pribadi unik untuk secara optimal mencapai perkembangan mereka melalui pembinaan nilai religious, bimbingan, dan pelatihan.

  3. Mengembangkan guru dan staff secara profesional dan terbuka dalam tugas masing -masing.

  4. Membangun suasana dialogis antar anggota komunitas, sekolah dan masyarakat sekitar.

SEJARAH AWAL

Pada tanggal 25 November 1535 Persekutuan Santa Ursula didirikan oleh Santa Angela di Brescia, Italia. Beliau adalah seorang yang tangap terhadap keadaan sosial waktu itu dan ingin menyehatkan keadaan masyarakat yang bobrok. Sejumlah gadis dikumpulkannya, didik dn dipersiapkan untuk kemudian dapat menangani masalah masalah dalam lingkungan hidup mereka. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan, mereka mewujudkan nilai - nilai kristiani melalui pengabdian yang tulus dalam memperbaiki keadaan masyarakat pada umumnya dan kedudukan kaum perempuan khususnya. Pada tanggal 8 Agustus 1536 Persekutan ini diresmikan oleh Gereja dengan pelindung Santa Ursula. Semboyan yang dipilih adalah SERVIAM ( AKU MENGABDI ).

Sejak tahun 1857 Suster - suster Ursulin mulai berkarya di Indonesia dengan lokasi di jalan Juanda. Dua tahun kemudian mereka memperluas pengabdiannya di Jalan Pos no. 2 Jakarta. Karya Pendidikan di Sekolah merupakan bidang kerasulan yang utama. Selain itu mereka mengembangkan bentuk pengabdian lain, diantaranya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kerjasama di bidang pastoral.

Melihat kebutuhan pendidikan di Bumi Serpong Damai sebagai Kota Mandiri. Santa Ursula Mengembangkan karya pendidikannya dengan mendirikan sekolah pada tahun 1990.


Tahap - Tahap Pembangunan Fisik

Pembangunan Sekolah Santa Ursula BSD dimulai pada bulan Juli 1990. Tahap pertama dimulai dengan pembangunan tiga ruangan yang dimanfaatkan untuk dapur, tempat makan,dan ruang guru. Pada saaat itu juga mulai dibangun setengah bangunan SD; yaitu ruangan untuk SD Kelas 1, SD Kelas 2, dan TK. Pembangunan tahap pertama ini selesai pada bulan Juli 1991. "Kamipun bisa mulai menggunakan ruang - ruang baru kami." ujar Suster Francesco.

"Pada tahun 1991 - 1992 kami sudah mendapatkan 4,5 hektar tanah untuk sekolah kami. Harga tanah sudah meningkat. Kalau tadinya kami hanya membayar Rp. 20.000,-/m2 sekarang kami harus membayar Rp. 40.000,-/m2", kata Suster Francesco.

"Pada bulan Juli 1991 itu juga kami mulai melanjutkan pembangunan tahap ke dua. Kami berhasil menyelesaikan 18 ruangan untuk TK dan SD pada bulan Juli 1992 dan mulai pembangunan tahap ke tiga. Kami telah memiliki bangunan SD sampai kelas 6. Pembangunan ketiga ini selesai pada bulan Juli 1993. Karena waktu itu murid kelas 5 SD cukup banyak, maka kami mulai membangun kelas - kelas untuk jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama)"' kata Suster Francesco.

Pembangunan tahap keempat, yaitu pembangunan kelas - kelas untuk jenjang pendidikan SMP. kami merekrut Ibu Mila Sarmili untuk melengkapi tim guru kami"' ujar Suster Francesco. Untuk kelanjutan pendidikan di Sekolah Santa Ursula BSD ini maka sejak bulan Juli tahun 1994 mulai dibangun ruangan - ruangan kelas untuk jenjang Pendidikan SMA. Pembangunan gedung SMA dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: tahap keliama (tahun 1994 - 1995), tahap keenam (tahun 1995 - 1996), dan tahp ketujuh(tahun 1996n - 1997).

Pada pembangunan tahap kelima,mulai dibangun sepertiga bagian fisik dari gedung SMA."Kami mulai menerima anak - anak SMA Kelas 1(anak - anak kami sendiri yang berasal dari SMP Santa Ursula II BSD, dan anak - anak dari sekolah lain ). Pada pembangunan tahap keenam , diselesaikan pembangunan dua pertiga bagian fisik dari gedung SMA. Sementara, pada pembangunan tahap ketujuh, selain menyelesaikan pembangunan fisik SMA, diselesaikan pula HALL dan perpustakaan. Pembanguna selesai pada tahun 1997, dan kami membangun gedung untuk TB (Taman Bermain), dan TK (Taman Kanak - Kanak),"cerita Suster Francesco. Proses pembangunan fisik gedung untuk TB dan TK selesai pada bulan Maret 1998, yaitu pada pembangunan tahap delapan(tahun 1997 - 1998).

"Konsep dasar banguna sekolah kami adalah sederhana tetapi lengkap",ujar Suster Francesco.


SANTA URSULA BSD

Jln. Letnan Sutopo Sektor I.2
Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan
Banten - Indonesia
P: (021) 5372641-2
sanurbsd@cbn.net.id

INFORMATION

Visi Misi
News
Gallery
Contact

© MULTIMEDIA Santa Ursula BSD 2015