Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Meditasi Kristiani


Meditasi kristiani adalah latihan rohani yang membimbing kita ke dalam "doa Kristus" . Ia membawa kita kepada hening, diam, dan sederhana.

Sekolah Santa Ursula BSD memandang perlunya meditasi kristiani ini dilakukan oleh seluruh komunitas. Karena meditasi membawa kita kepada ketenangan jiwa dan raga. Meditasi mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui meditasi akan membuat diri menjadi lebih bersyukur dan menghargai kehidupan.

Pada tahun 2009, peserta didik SD Santa Ursula BSD sudah diperkenalkan dengan salah satu model doa yaitu Meditasi Kristiani. Doa ini diperkenalkan kembali oleh seorang rahib Benediktin, Pastor John Main OSB (1926-1982) dan sekarang diteruskan oleh Pastor Laurence Freeman OSB. Meditasi Kristiani merupakan salah satu bentuk doa kontemplatif atau doa hati, merupakan doa hening, diam dan sederhana yang menggunakan kata doa atau mantra: "MARANATHA" artinya "DATANGLAH TUHAN".

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari meditasi kristiani, setelah melakukan doa ini, secara rutin, peserta didik lebih tenang dan konsentrasi belajar lebih meningkat. Sekolah Santa Ursula BSD, terutama unit TB-TK dan SD melakukan doa Meditasi Kristiani pada awal pelajaran dan sebelum pulang. Secara rutin peserta didik dan para tenaga pendidik melakukan meditasi setiap pagi dan siang hari, setelah pelajaran selesai.

Langkah-langkah Meditasi Kristiani seperti yang diajarkan Pastor John Main adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik hanya duduk diam dengan punggung tegak dan tutup mata anda perlahan-lahan.
  2. Duduk dengan nyaman tetapi sadar penuh.
  3. Secara hening, dalam batin mulai mengucapkan kata-doa: MARANATHA'. Ucapkan sebagai empat suku kata yang sama panjangnya.

Peserta didik mendengarkan kata doa itu sewaktu mengucapkannya perlahan-lahan dan terus menerus di dalam hati. Jangan berpikir atau membayangkan sesuatu - baik yang rohaniah ataupun yang lain. Jika pikiran dan imajinasi datang, biarlah semuanya berlalu. Alihkan kembali perhatian, dengan rendah hati dan kesederhanaan ,dengan mengucapkan kembali "MARANATHA", dari permulaan sampai akhir meditasi.

Meditasi biasanya dilakukan pada waktu pagi hari dan di akhir pelajaran sekolah selama 10 menit.

...