Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Seven Habits


Seven Habits di SMP dan SMA mengajak siswa dan guru untuk mengembangkan tujuh kebiasaan baik. Melalui tujuh kebiasaan yang dilatih, mereka diajak untuk menyadari potensi pemimpin yang ada dalam diri mereka dan mengembangkannya.


Tiga kebiasaan yang pertama yaitu, Be Proaktive, Begin with The End in Mind, dan Put First Thing First menjadi jalan bagi siswa untuk mewujudkan kemenangan pribadi yaitu menjadi pribadi yang proaktif, berdisiplin tinggi, mandiri, bertanggung jawab, memiliki tujuan dan berdaya juang.


Tiga kebiasaan yang kedua yaitu Think Win-Win, Seek First to Understand Than to be Understood, dan Synergize menjadi sarana kemenangan publik yaitu berelasi dengan orang lain. Ketiga kebiasaan ini melatih siswa mengembangkan kepekaan, penghargaan terhadap orang lain, dan kemampuan bekerja sama.

Sedangkan kebiasaan yang terakhir yaitu Sharpen The Saw menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental yang tercermin dalam cinta lingkungan dan religiositas. Penerapan ketujuh kebiasaan Seven Habits menjadi sarana mempersiapkan diri menjadi seorang leader.


Setelah siswa mengikuti pelatihan Seven Habits selama dua hari maka pembahasan dan pembiasaan selanjutnya dilakukan terutama oleh guru wali kelas bersama siswa dalam jam perwalian. Untuk mendukung berlangsungnya tujuh kebiasaan tersebut maka pelatihan Seven Habits juga diberikan kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Bila sebagian besar anggota komunitas sudah mengikuti pelatihan dan menerapkan isi pelatihan dengan baik tentu diharapkan kebiasaan ini menjadi budaya sekolah.

...