Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Pendampingan Remaja


Program pendampingan yang diberikan oleh Santa ursula BSD juga melibatkan para alumnusnya. Mengapa demikian? Melalui pendampingan dari para alumnus diharapkan dapat ditularkan semangat serta karakter baik yang dulu pernah mereka peroleh dari almamaternya dan kemudian membantu mereka untuk berkembang menjadi pribadi-pribadi yang berhasil di masyarakat.

Salah satu kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah kegiatan pendampingan remaja. Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkesinambungan selama 1 semester untuk setiap kelas. Pada akhir semester, seluruh proses akan ditutup dengan sebuah lokakarya besar untuk seluruh siswa per jenjang kelas, dengan harapan agar siswa mampu memahami seluruh proses yang dijalaninya dalam satu semester dan sekaligus mempersiapkan siswa unuk masuk ke jenjang kelas berikutnya. Kegaitan pendampingan remaja dimulai sejak siswa duduk di kelas VII SMP hingga kelas XII SMA.

Kegiatan pendampingan ini memiliki tema yang berbeda untuk setiap tingkat kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan yang dinilai penting bagi anak seusianya. Namun demikian, keseluruhan pendampingan memiliki sebuah benang merah yang jelas, yang tujuannya adalah membantu siswa untuk mengenal dirinya dengan lebih baik dan berdamai dengan dirinya sendiri. Selain itu, juga untuk mengembangkan keterampilan bergaul secara positif dengan teman sebaya, lawan jenis, dan orangtuanya. Yang terakhir adalah mempersiapkan siswa untuk menjadi bagian dunia dan masyarakatnya. Adapun tema besar utnuk masing-masing jenjang kelas adalah sebagai berikut:

  • Kelas VII : Saya dan diri saya
  • Kelas VIII : Saya dan teman sebaya saya
  • Kelas IX : Saya dan seksualitas
  • Kelas X : Saya dan pacaran
  • Kelas XI : Saya dan orangtua saya, keluarga saya
  • Kelas XII : Saya sebagai bagian dari dunia, dari masyarakat
...