Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Pembinaan Fisik dan Mental


Latar Belakang

SMA Santa Ursula BSD merupakan sekolah yang selalu berkembang untuk menjawab kebutuhan anak didik. Kegiatan Pengembangan Mental dan Fisik awalnya dilandasi sebuah keprihatinan dengan sikap peserta didik laki-laki di SMA Santa Ursula BSD yang tidak cekatan, gerakannya lambat, kurang tegas dan kurang tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan orang lain dalam menghadapi tantangan jaman.

Oleh karena itu sekolah memikirkan sebuah kegiatan yang dapat meningkatan kecekatan, kecepatan, ketegasan dan tanggung jawab peserta didik laki-laki di SMA Santa Ursula BSD. Namun, dalam perjalanan kegiatanya, peserta didik perempuan juga menuntut kegiatan yang sama bagi mereka. Maka, sampai saat ini kegiatan ini akhirnya diperuntukkan bagi peserta didik laki-laki dan perempuan tanpa membeda-bedakan.

Santa Ursula BSD memandang perlunya latihan pengembangan fisik dan mental bagi peserta didik agar mereka dapat menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup.

Mengapa Bekerja sama dengan RINDAM JAYA (Resimen Induk Daerah Militer Jakarta Raya)

Alasan bekerja dengan RINDAM JAYA adalah karena fasilitas dan metode pelatihan yang diinginkan dirasa sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh sekolah SMA Santa Ursula BSD, seperti, Pusat Pelatihan Bela Negara. Selain pelatihan fisik, kedisiplinan, dan baris berbaris, RINDAM JAYA juga terbiasa memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara. Yakni suatu program bagi anak-anak muda agar lebih mencintai bangsanya, mencintai negaranya.

Setelah pelatihan dirasa kurang, kemudian secara mandiri SMA Santa Ursula BSD membentuk kepengurusan kegiatan Pengembangan Mental dan Fisik yang diambil dari peserta didik sendiri. Contoh hasil dari kegiatan tersebut seperti: munculnya peserta didik yang secara inisiatif memimpin teman-temannya berbaris rapih dan cepat jika ada pertempuan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah, sikap gesit, cekatan dan kemampuan untuk menertibkan teman-temannya yang sering ngobrol.

...