Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

PROFIL SMA SANTA URSULA BSD

SMA Santa Ursula BSD memberikan berbagai macam kegiatan yang membantu siswa untuk mengembangkan diri secara lebih optimal. Siswa disiapkan tidak hanya dalam segi intelektual yang menjadi dasar bagi siswa untuk mampu bernalar dan bersikap kritis tetapi juga dalam pengembangan dirinya secara utuh sebagai pribadi. Kutuhan pribadi dibentuk melalui proses pembelajaran yang memperhatikan segi kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan didasarkan juga pad penanaman nilai - nilai hidup yang terintegrasi didalam setiap bidang studi. Nilai hidup itulah yang bisa menjadi benteng kekuatan bagi siswa untuk menghadapi tantangan hidup mereka di kemudian hari.

Sebagai tahapan akhir dari suatu sistem penididikan yang berkesinambungan, SMA berusaha mempersiapkan siswa melalui pendampingan dan berbagai kegiatan yang terencana serta terpadu sejak siswa berada dikelas X hingga kelas XII. Memahami kebutuhan remaja usia SMA akan pentingnya pemahaman diri dan relasi yang positif dengan lingkungan, maka dalam berbagai kesempatan siswa diajak untuk mempu berpikir, berkomunikasi, berelasi secara positif dan membangun. Melalui kemampuan berkomunikasi yang baik, siswa diharapkanmampu mengkspresikan dirinya dan berbagi dengan orang lain. Siswa juga diajak untuk lebih mengenali jati dirinya sebagaiseorang pribadi dalam relasinya dengan orang lain dan lingkungan. Pengenalan diri ini menjadi sangat penting dalam tahapan perkembangan siswa sebagai seorang yang mulai memasuki masa dewasa.

Kematangan pribadi siswa tidak hanya secara intelektual, sosial dan emosi tetapi juga matang secara rohani. Oleh karenaitu siswa juga dibekali melalui pengalaman berelasi dengan Tuhan dalam kegiatan retret. Pembentukan pengalaman - pengalaman rohani tidak hanya dilakukan dalam kegiatan retret, tetapi juga dalam kegiatan rutin harian melalui assembly meeting dan refleksi harian baik dalam bidang studi maupun dalam berbagai kegiatan rutin harian. Pengalaman - pengalaman pembelajaran lewat berbagai kegiatan diharapkan mampu membantu siswa untuk tumbuh menjadi pribadiyang utuh sesuai dengna salah satu visi sekolah Santa Ursula BSD.

Kecerdasan pribadi yang sudah terbangun melalui berbagai kegiatan yang adamenjadi sebuah sarana bagi siswa untuk mau berbagi dan melayani sesuai dengan kemampuan dan peran masing - masing.

Sebagai bentuk persiapan siswa belajar dalam kehidupan bermasyarakat, sekolah memberikan kesempatan belajar melalui pengalaman hidup bersama. Itulah yang menjadi semboyan Sekolah Santa Ursula BSD : SERVIAM! Berbagi dan melayani memang menjadi suatau hal yang diupayakan untuk menjadi salah satu ciri khas dari para alumninya. Dengan demikian peranyang ada di lingkungan sekitar, gereja, masyarakat, dan negara juga menjadi lebih besar.