Pembelajaran di usia dini bukan hanya tentang mengenal huruf, angka, atau bentuk, tetapi juga tentang bagaimana anak-anak mengenal dunia secara langsung. Melalui pengalaman nyata dan menyenangkan, anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu, pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini hendaknya bersifat variatif dan menyeluruh, mencakup aspek sosial-emosional, motorik kasar dan halus, bahasa, serta kognitif. Salah satu bentuk kegiatan yang mendukung hal tersebut adalah pembelajaran luar kelas, salah satunya melalui kegiatan jalan-jalan rekreatif.
Pada bulan Maret 2025, KB-TK Santa Ursula BSD menyelenggarakan kegiatan jalan-jalan rekreatif yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sarat akan nilai edukatif. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga hari berturut-turut sesuai dengan jenjang kelas. TK B mengawali kegiatan ini dengan kunjungan ke Ocean Dream Samudra Ancol pada 11 Maret 2025. KB melanjutkan kegiatan rekreatif ke Sea World Ancol pada 12 Maret 2025. TK A menutup rangkaian kegiatan dengan kunjungan ke tempat yang sama, Sea World Ancol, pada 13 Maret 2025.
Di Ocean Dream Samudra, siswa TK B disambut dengan berbagai pertunjukan hewan laut yang menghibur dan mendidik. Anak-anak melihat secara langsung atraksi dari lumba-lumba dan singa laut, yang sekaligus mengajarkan tentang kepedulian terhadap makhluk hidup dan pentingnya menjaga kelestarian laut. Selain itu, mereka belajar mengenali jenis-jenis hewan laut dan habitatnya, dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.
Sementara itu, siswa KB dan TK A yang mengunjungi Sea World mendapatkan kesempatan luar biasa untuk melihat secara langsung berbagai biota laut dalam akuarium raksasa. Anak-anak terpukau melihat ikan pari, hiu, penyu, dan berbagai jenis ikan lainnya berenang begitu dekat dengan mereka. Tidak hanya sebagai hiburan, kunjungan ini juga menjadi sarana pembelajaran yang sangat efektif karena anak-anak dapat mengamati, bertanya, dan mendeskripsikan objek yang mereka lihat dengan antusias.
Kegiatan jalan-jalan ini bukan sekadar rekreasi, melainkan sarana untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, antara lain: aspek sosial-emosional, dimana anak belajar bersosialisasi, berbagi, dan bekerja sama dengan teman-teman maupun guru di lingkungan baru; aspek kognitif, dimana anak mengamati, bertanya, dan menarik kesimpulan dari apa yang mereka lihat dan dengar selama kegiatan; aspek bahasa, dimana anak menambah kosakata baru dan melatih kemampuan bercerita kembali tentang pengalaman mereka; aspek motorik dimana anak melatih koordinasi tubuh saat berjalan, menaiki kendaraan, dan menjelajahi tempat wisata; serta perkembangan karakter, dimana anak belajar untuk mandiri, bertanggung jawab terhadap barang bawaan, serta disiplin mengikuti aturan dan jadwal kegiatan.
Selain itu, kegiatan ini juga melatih anak untuk mengenal dan mematuhi peraturan di tempat umum, seperti menjaga kebersihan, tidak berteriak, tidak menyentuh hewan atau benda tanpa izin, dan tetap dalam pengawasan guru atau pendamping.
Melalui kegiatan ini, KB-TK Santa Ursula BSD ingin menanamkan pada anak bahwa belajar bisa terjadi di mana saja, tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar ruangan, di alam, dan di lingkungan sosial. Interaksi langsung dengan lingkungan sekitar membuat pembelajaran menjadi lebih nyata, menyenangkan, dan berkesan.
Semoga kegiatan jalan-jalan rekreatif ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam, serta menjadi kenangan indah yang akan selalu diingat oleh anak-anak.
PEMERIKSAAN KESEHATAN OLEH PUSKESMAS
Minggu Pertama ke Sekolah
Pentas Seni KB dan TK A Santa Ursula BSD: Panggung Ekspresi, Semangat Cinta Tanah Air dan Lingkungan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
Ibadat Awal Tahun Pelajaran 2025-2026 di KB-TK Santa Ursula BSD
//