Kegiatan Membuat Sandwich di TB-TK -1

  • Posted: 2021-02-02
  • By: Ibu Lorensia Dwinda Aprilia

Kegiatan belajar di TB-TK Santa Ursula BSD dilakukan dengan metode yang menyenangkan, yaitu bermain. Kali ini, tenaga pendidik mengajak peserta didik untuk membuat roti isi atau sandwich. Hal ini tentunya dilakukan secara daring.

Dalam proses pembuatan sandwich, tentu ada tahap yang harus dilalui oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Di awal kegiatan, tenaga pendidik memberi contoh cara membuat sandwich. Namun, bukan berarti peserta didik harus mengikuti cara yang sama persis dengan apa yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Tenaga pendidik memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat sandwich-nya sendiri. Mereka akan menentukan sendiri isian rotinya, urutan meletakkannya, dan sebagainya.

Semua proses di atas dilakukan dengan upaya agar peserta didik terlatih untuk berpikir dan mengembangkan daya kreativitasnya. Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan pula nanti dalam proses pembuata sandwich terjadinya kesalahan. Pada momen inilah tenaga pendidik mengingatkan lagi bahwa melakukan kesalahan atau kekeliruan itu tidak apa-apa, bahkan sudah lumrah sebagai manusia. Tugas tenaga pendidik lebih untuk memotivasi peserta didik untuk mau dan berani mencoba lagi. Di akhir sesi, akhirnya mereka bisa menikmati roti isi atau sandwich hasil buatannya mereka sendiri.

Dalam kegiatan membuat sandwich inilah, peserta didik juga belajar cara berpikir komputasi atau computational thinking. Kemampuan computational thinking melatih otak untuk terbiasa berpikir secara terstruktur, kritis, dan logis. Bagaimana kita bisa mengajarkan computational thinking pada anak usia dini? Tentunya dengan metode bermain, seperti kegiatan membuat sandwich ini. Kegiatannya memang terlihat sangat sederhana. Namun dengan cara inilah, peserta didik dapat belajar banyak hal.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back