Kegiatan Berjalan-jalan Virtual

  • Posted: 2021-07-11
  • By: Anna Paskantiningsih

Salah satu kegiatan yang sangat ditunggu peserta didik TB-TK adalah kegiatan berjalan-jalan. Mereka sangat antusias ketika mendengar kata berjalan-jalan. Melalui kegiatan berjalan-jalan, peserta didik juga dapat mengenal nilai-nilai tanggung jawab, kemandirian, kedisiplinan, dan nilai-nilai lainnya. 

Saat ini, kegiatan berjalan-jalan di unit TB-TK Santa Ursula BSD berbeda dengan kegiatan berjalan-jalan sebelum masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan secara virtual. Meskipun demikian, kegiatan ini didesain dengan tidak mengubah rasa antusias peserta didik terhadap kegiatan Jalan-Jalan Virtual. Tenaga pendidik merencanakan dan menyiapkannya secara detail sehingga kegiatan Jalan-Jalan Virtual dapat terwujud dengan baik. Para tenaga pendidik unit TB-TK menyiapkan dengan matang mengenai tujuan kegiatan, lokasi, media yang digunakan, rundown kegiatan, serta sosialisasi kegiatan kepada peserta didik dan orang tua.

Hari Jumat, 27 November 2020, peserta didik unit TB berjalan-jalan ke kebun binatang, sedangkan kelas TK A memilih pabrik biskuit dan kelas TK B memilih pabrik susu sebagai tempat tujuan kegiatan Jalan-Jalan Virtual. Walaupun bentuk kegiatan ini dilakukan secara virtual, peserta didik mengikuti dan menikmati dengan semangat. 

Di hari berikutnya tenaga pendidik mengajak peserta didik untuk mengingat kembali apa yang dilihat, apa yang terjadi, apa yang dirasakan pada saat peserta didik mengikuti kegiatan Jalan-Jalan Virtual. Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dengan diarahkan pula oleh tenaga pendidik. Peserta didik menuangkan hasil evaluasinya melalui kegiatan menggambar dan menceritakan hasil karyanya. Semoga kegiatan Jalan-Jalan Virtual kali ini bisa berkesan untuk peserta didik.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back