BELAJAR MENGENAL PELUKIS INDONESIA DENGAN BOOK CREATOR

  • Posted: 2021-02-11
  • By: Katarina Tri Yanu

Pembelajaran kolaborasi mempunyai kesan tersendiri di masa pandemi. Pembelajaran ini menuntut guru untuk lebih kreatif menggunakan berbagai macam media pembelajaran. Salah satunya dengan pembelajaran kolaboratif yang bertujuan membantu peserta didik mengkonstruksi pengetahuannya dengan cara menguji ide-ide dan pengalaman-pengalamannya sendiri, menerapkannya ke dalam situasi baru, dan mengintegrasikan pengetahuan baru yang diperoleh dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Media ajar dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh saat ini tentunya juga harus berbeda.

Bahasa Indonesia berkolaborasi dengan pelajaran Seni Rupa. Materi ajar yang dipelajari oleh peserta didik kelas IX salah satunya adalah Teks Tanggapan Kritis. Peserta didik belajar mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan maupun tertulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaannya. Nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah kritis dan santun. Kritis yang dimaksud adalah mampu menanggapi suatu hal berupa teks tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan melalui analisis yang matang sedangkan santun yaitu sikap hormat dan menjunjung tinggi tata karma dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah yang dikemukakan dalam penulisan teks tanggapan kritis.

Kolaborasi yang dilakukan yakni peserta didik belajar menanggapi sebuah karya dari pelukis Indonesia. Mereka dapat memilih seorang pelukis terkenal Indonesia kemudian menulis biodata dari pelukis tersebut. Karya-karya dan ciri khas karya dari pelukis tersebut juga harus ditemukannya sendiri. Selain itu, mereka juga belajar mengenal aliran-aliran seni rupa yang dipakai oleh pelukis-pelukis tersebut. Media ajar yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah “Book Creator”. Book creator adalah sebuah alat pembelajaran sederhana untuk membuat buku atraktif. Buku ini menampilkan gambar, tulisan, dan dapat disertai dengan audio maupun video.

Setelah diberi penjelasan mengenai teks tanggapan kritis serta penjelasan dari pelajaran Seni Rupa mengenai pelukis Indonesia dan aliran-aliran dalam seni rupa, peserta didik bereksplorasi secara pribadi. Hasil yang ditampilkan oleh peserta didik sangatlah mengesankan. Selain belajar membuat tanggapan terhadap karya pelukis Indonesia, mereka juga mengenal banyak pelukis Indonesia dengan cara yang kreatif.

Salah satu kesan yang disampaikan peserta didik kelas IX yakni “Pengalaman mengerjakan tugas kolaborasi Bahasa Indonesia dengan Seni Rupa yakni saya diperkenalkan dengan media baru yaitu book creator. Pembelajaran menjadi lebih seru karena tidak hanya mementingkan konten pembelajaran Bahasa Indonesia saja, tetapi juga menghias dan membuat menarik karya sendiri. Dalam mengerjakan tugas ini saya dapat belajar menggunakan media baru book creator, belajar untuk lebih kreatif lagi, serta dapat memahami materi teks tanggapan kritis lebih dalam lagi.”Pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu pilihan pembelajaran yang menarik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh. Situasi yang tidak menyenangkan saat ini menuntut pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik dan yang lebih penting mengasah daya kritis dan kreatifitasnya.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back