YUK LIBURAN

  • Posted: 2021-03-09
  • By: Monica Dwi Eskayanti

Pandemi yang terjadi saat ini dan tak terduga memupuskan harapan dan rencana sebagian besar dari kita. Salah satunya adalah rencana liburan dengan mengunjungi berbagai daerah atau negara di dunia. Namun kekecewaan ini sedikit terobati dengan pembelajaran kolaborasi kelas 8 di semester 1 ini.

Dalam pembelajaran kolaborasi ini mengambil tema “Mengenal Potensi Geografis, SDA dan SDM negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN)”. Pembelajaran kolaborasi dengan satu tema besar dilihat dalam pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Prakarya dan IPS. 

Untuk pelajaran IPS dan prakarya, peserta didik membuat brosur perjalanan wisata. Disinilah pembelajaran menjadi sangat menarik dan menyenangkan. Peserta didik belajar untuk merencanakan liburan yang tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk orang lain. Peserta didik harus menentukan lokasi kunjungan wisata atau destinasi, agenda/jadwal perjalanan, memilih akomodasi berupa restoran dan tempat penginapan atau hotel, menentukan transportasi seperti pesawat dan mobil, biaya, dan lain-lain. Tidak hanya itu, semua perencanaan tadi perlu mempertimbangkan banyak hal seperti waktu, biaya, kenyamanan, dan sebagainya. Di sinilah peserta didik belajar berfikir logis dan sistematis.

Dalam pelajaran prakarya, peserta didik diajarkan membuat brosur yang menarik, kreatif serta fungsinya. Sedangkan bahasa Indonesia mengajarkan bagaimana membuat kalimat efektif yang akan ditulis atau disampaikan dalam brosur tersebut. Peserta didik juga diajarkan bagaimana berbicara menceritakan potensi yang ada di negara-negara anggota ASEAN tersebut dengan baik. Bahasa Inggris mengajarkan berbagai kosakata yang biasanya muncul dengan tema “Travelling”.

Pembelajaran kolaborasi ini tidak hanya dalam hal tema dan penugasan namun juga dalam hal metode pembelajaran dan teknologi. Untuk membuat brosur, peserta didik akan bekerja sama dengan teman-teman dalam kelompoknya untuk membuat perencanaan. Disinilah mereka akan belajar untuk berkomunikasi dengan efektif walaupun tidak bertemu langsung. Untuk pembuatan brosur, peserta didik dapat mengkolaborasikan berbagai aplikasi, karena brosur yang dibuat tidak hanya sekedar brosur yang dicetak namun juga brosur digital yang mampu diakses melalui media sosial. 

Pembelajaran daring di masa pandemi ini ternyata juga membawa dampak positif dalam dunia pendidikan. Tidak hanya pendidik namun peserta didik pun dipaksa melek teknologi. Untuk membuat brosur digital ini, peserta didik menggunakan aplikasi seperti Google slide, canva, dan sebagainya. Peserta didik juga secara mandiri banyak melakukan eksplorasi dan literasi dari berbagai media digital untuk mendapatkan sumber atau materi yang akan ditulis dalam brosur. 

Bagaimana hasilnya ? menakjubkan. Peserta didik mampu membuat tampilan brosur dengan sangat menarik walaupun isi dari brosur tersebut kadang terlihat tidak logis dan tidak menyakinkan. Namun bukan hasil yang utama namun proses bagaimana peserta didik belajar untuk berfikir lebih logis dan sistematis untuk orang lain. 

 

Dengan pembelajaran kolaborasi ini peserta didik merasa lebih ringan karena dengan satu penugasan peserta didik akan mendapatkan penilaian dari berbagai bidang studi. Tema ini juga sangat menarik karena mimpi mereka untuk berlibur dapat sedikit terobati dengan keseruan menjelajah informasi daerah wisata di negara-negara Asia Tenggara walau hanya lewat media digital. Mimpi yang bukan hanya sekedar angan-angan namun mimpi yang berlandaskan data.(Mde)

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back