PERTEMUAN ORANG TUA SISWA KELAS VII

  • Posted: 2021-09-10
  • By: Monica Emy Rustanti SMP

Menciptakan generasi muda yang cerdas dan bertanggung jawab membutuhkan kerja sama yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Oleh karena itu, pada Sabtu, 7 Agustus 2021 diadakan pertemuan orang tua kelas VII secara daring. Pertemuan orang tua ini diawali dengan doa pembuka dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Satuan Pendidikan, Ibu Irene Anindyasari Rosmawati. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak sama dengan pembelajaran secara luring (luar jaringan) sehingga waktu belajarnya pun berbeda. Konteks pembelajaran jarak jauh terintegrasi pada Konten, Pedagogi, dan Teknologi.  Dalam mengembangkan ketiga komponen tersebut, bapak ibu guru bidang studi berkolaborasi memetakan materi esensial yaitu materi yang wajib dikuasai oleh peserta didik. Materi tersebut disajikan secara terintegrasi sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Ketiga komponen tersebut dipadukan dalam pembelajaran jarak jauh dan disebut Blended learning. Selain penjelasan terkait proses pembelajaran jarak jauh, Ibu Irene juga memperkenalkan visi misi yang menjadi tujuan  sekolah serta memperkenalkan wali kelas VII yang akan mendampingi pembelajaran.

Setelah mendapat sambutan dari Kepala Satuan Pendidikan SMP, orang tua peserta didik diperkenalkan juga dengan Tim Psikolog yang ikut berperan dalam pendampingan peserta didik. Peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2021/2022 mendapat bimbingan dari Tim Psikolog sebanyak dua kali dalam seminggu.Dalam sesi ini, Tim Psikolog memaparkan materi tentang emosi remaja dan tahap perkembangan psikososial khususnya peserta didik yang saat ini duduk di bangku kelas VII. Tujuannya adalah selain mendampingi belajar peserta didik, orang tua juga dapat mendampingi peserta didik dalam perkembangan psikisnya.

Pertemuan orang tua peserta didik ini dilakukan selama kurang lebih dua jam. Oleh sebab itu, sebelum dilanjutkan pada sesi tanya jawab, orang tua peserta didik diajak untuk merelaksasikan otot selama kurang lebih 5 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertemuan orangtua peserta didik kelas VII ini selain bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik, juga sebagai wadah komunikasi yang lebih erat antara sekolah dan keluarga sehingga proses pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back