SHARING PENGALAMAN PESERTA KOMPETISI LITERASI DAN NUMERASI PESONA 2021

  • Posted: 2021-09-10
  • By: Kidung 8E, SionaAviella 8C & Azben 8D

Pengalaman Saya

Halo, nama saya Beatrix Arunaya Kidung Anatha dari sekolah SMP Santa Ursula BSD. Saya akan menceritakan pengalaman mengikuti Lomba Literasi dan Numerasi. Kompetisi yang diselenggarakan ini merupakan lomba virtual pertama yang saya ikuti. Pada awalnya, saya hanya mengikuti kompetisi ini dengan rasa senang dan sekadar mencari pengalaman baru. Namun, saya tetap mencoba mengikuti kompetisi ini dengan sebaik mungkin.

Di hari pelaksanaan lomba, saya merasa sangat tegang dalam mengerjakan soal. Padahal, saya sudah mencoba soal simulasi yang diberikan oleh Pesonaedu, walaupun kadang-kadang hanya mengerjakan satu kali dari dua kesempatan yang telah diberi. Soal-soal yang diberikan lumayan berbeda dengan soal sekolah. Saya bersyukur mendapat banyak pengalaman baru dari kompetisi literasi dan numerasi ini.

~Kidung/8E

____________________________________________________________________

Hai, nama saya Siona Aviella dari sekolah SMP Santa Ursula BSD. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman saya ketika mengikuti kompetisi literasi dan numerasi dengan standar AKM yang diselenggarakan oleh Pesona Edu di bulan Agustus 2021. Ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mengikuti kompetisi literasi dan numerasi. Dalam kompetensi tersebut, terdapat 3 babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final.

Awalnya, saya mengikuti kompetisi ini karena ingin mengetahui seperti bentuk soal-soal yang berkaitan dengan literasi dan numerasi serta sebagai pengalaman baru. Saat masa persiapan, saya mencoba mencari latihan-latihan soal tentang literasi dan numerasi di internet. Saya juga sempat merasa bingung kira-kira bentuk soal yang akan diberikan saat lomba nanti. Saya  berusaha berlatih dengan contoh-contoh soal yang ada di internet dan simulasi yang diberikan oleh Pesona Edu.

Pada babak penyisihan dan semifinal, soal-soalnya cukup sulit terutama di bagian numerasi tetapi saya berusaha untuk mengerjakannya semampu saya. Saya sangat bersyukur dapat lolos babak penyisihan dan semifinal. Pada babak final, soal yang diberikan lebih sulit lagi dan ada penambahan jenis soal seperti respon audio dan video. Saya sempat merasa takut tidak bisa mengerjakannya sama sekali tetapi saya berusaha untuk menenangkan diri dan tetap fokus.

Saya menyerahkan kepada Tuhan tentang menang atau tidaknya hasilnya nanti. Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kompetisi ini karena saya mendapatkan pengalaman baru dan melatih saya untuk mengerjakan soal-soal hots yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi.    Jadi menurut saya, ikut dalam kompetisi ini sangat bagus karena di jaman sekarang para pelajar dituntut untuk dapat berpikir sistematis, menganalisis dengan baik, dan berpikir kritis, serta kreatif.

~SionaAviella/8C

____________________________________________________________________

 Hai, saya Azarya Benaiah Sembiring. Saat mengikuti Kompetisi Literasi dan Numerasi PesonaEdu 2021 merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Diawali rasa penasaran dan minat akan lomba ini, akhirnya saya mendaftar. Saya bersyukur kepada Tuhan dapat maju hingga tahap final dan mendapat banyak pengalaman seperti menemukan jenis-jenis soal baru yang belum pernah saya hadapi, menguji kemampuan memahami, dan menganalisis soal, serta berpikir sistematis sekaligus kreatif. Tiap tahap punya tantangan dan kesulitan tersendiri. Mulai dari mengerjakan banyak soal di tahap penyisihan, kemudian mengerjakan soal yang lebih kompleks dibandingkan dengan tahap sebelumnya, hingga di tahap final menghadapi tantangan baru mengerjakan soal yang lebih sulit dengan respon jawaban berupa audio dan video. Berkesempatan mengikuti kompetisi ini merupakan salah satu hal positif yang saya lakukan karena mampu mengasah kemampuan literasi dan numerasi.

~Azben/8D

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back