PERTEMUAN ORANG TUA SISWA KELAS IX SMP SANTA URSULA BSD

  • Posted: 2021-09-15
  • By: Kristina Dwi Oktavia

Tahun pelajaran 2021/2022 sudah dimulai sejak bulan Juli. Pembelajaran untuk para siswa pun masih dilakukan secara daring karena masih adanya penyebaran covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. Selain pembelajaran yang dilakukan secara daring oleh siswa, ada juga kegiatan pertemuan orang tua siswa. Pertemuan orang tua siswa ini, selalu dilaksanakan setiap tahunnya pada awal tahun pelajaran. Kegiatan ini merupakan persiapan awal bagi orang tua dalam mendampingi putra/putrinya selama pembelajaran di level yang baru, khususnya saat ini di kelas IX.

Pertemuan ini dihadiri oleh para orang tua siswa kelas IX dan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Agustus 2021. Kegiatan ini diawali dengan pengarahan dari Ibu Irene Anindyasari sebagai Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD. Ibu Irene memberikan gambaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tahun pelajaran 2021/2022, materi esensial yang akan dipelajari dan terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler.

Setelah pengarahan dari Kepala Sekolah, ada penjelasan dari Ibu Kartika, Psikolog Sekolah. Dalam pertemuan ini, Ibu Kartika menyampaikan tentang Layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan baik untuk para siswa maupun orang tua siswa. Selain itu, Psikolog sekolah juga menyampaikan program-program kegiatan yang akan dilakukan dalam mendampingi para siswa, seperti mempersiapkan studi lanjut, menentukan arah masa depan para siswa, dan menemukan mimpi melalui pengenalan diri (Passion Potential, and Personality). Passion disini memiliki pengertian tentang apa yang disukai. Potential berarti kemampuan yang dimiliki, sedangkan Personality ini memiliki arti karakter yang dimiliki untuk mengatur strategi supaya bisa mencapai mimpi. Para siswa diajak mengenal diri sendiri dan diharapkan mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki dalam mencapai cita-cita para siswa. Selain itu, para orang tua diharapkan juga menjadi orang tua yang proaktif, mau berdiskusi, mengarahkan dan menanamkan values untuk putra-putrinya.

Kemudian ada pengarahan dari Wakasek Kurikulum, Ibu Cicilia Budilestari. Dalam pengarahan kurikulum ini, ada tayangan video dari salah satu orang tua siswa yaitu mama Glenn (9D) sebagai support system bagi putranya dalam menjalani PJJ. Peran orang tua sangat dibutuhkan selama PJJ ini. Hal ini dikarenakan tidaklah mudah dengan pembelajaran  secara daring, membutuhkan support dari orang tua supaya putra-putrinya mampu beradaptasi dan tetap belajar walaupun harus secara daring. Selanjutnya, Ibu Cicil menjelaskan terkait dengan KKM, cara melampauinya untuk setiap mata pelajaran, syarat kelulusan, penilaian-penilaian yang akan dilakukan, seperti penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap. Selain itu, Ibu Cicil menyampaikan juga bahwa selama PJJ ini para siswa diharapkan mampu mengembangkan diri tidak hanya berfokus pada nilai akademis saja, tetapi juga dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti tayangan video dari Arka 9C, bagaimana Arka mengisi waktunya dengan hal positif, tetap produktif, walaupun hanya berkegiatan di dalam rumah selama pandemi. 

Dalam pertemuan ini, juga ada Sharing Kegiatan Kolaborasi Pelajaran Bahasa Inggris, Seni Rupa, dan IPA dari Ibu Kristin, Pak Krismiyanto dan Ibu Lia. Ibu Lia menjelaskan tentang produk kolaborasi meliputi tema, sasaran, alokasi waktu, materi esensial dari setiap mata pelajaran juga tujuan dari kegiatan kolaborasi yang sudah dilakukan. Dalam kegiatan kolaborasi ini lebih ditekankan untuk mengembangkan keterampilan 4 Cs ( Critical Thinking, Collaboration, Communication and Creativity). Keterampilan 4 Cs ini sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan abad 21. Setelah itu, ada penjelasan tentang tahapan pembelajaran kolaborasi oleh Ibu Kristin. Tahapan ini meliputi Persiapan, Perencanaan, Pembuatan produk, Evaluasi dan refleksi. Dengan tahapan pembelajaran ini diharapkan para siswa mampu bekerja sesuai dengan langkah-langkah yang jelas dan terarah. Sharing terakhir yaitu terkait dengan hasil produk kolaborasi yang dijelaskan oleh Pak Kris. Hasil produk disajikan dalam bentuk tayangan video, dan dari produk yang dihasilkan itu diharapkan mampu menumbuhkan nilai hidup bagi para siswa dan memberi pengaruh positif pada dunia.

Untuk kegiatan selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dan diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh Ibu Devi. Dengan serangkaian kegiatan dalam pertemuan orang tua, diharapkan para orang tua lebih siap dalam mendampingi dan memotivasi putra-putrinya menjalani PJJ dan mempersiapkan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back