Santa Ursula BSD Gelar Pameran Pancasila

  • Posted: 2015-08-26
  • By:

TANGERANG SELATAN (Berita Santa Ursula BSD):

Pancasila telah disepakati oleh Bangsa lndonesia menjadi dasar Negara Republik Indonesia. Seluruh nilai yang terkandung di dalamnya seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan Sosial menjadi nilai utama yang mesti tercermin dalam setiap bentuk Aturan/perundang-undangan, dan tindakan yang berlaku di Indonesia. Setiap individu dan organisasi atau lembaga, baik pemerintah maupun masyarakat sipil berkewajiban untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.

Selama kurun waktu 70 tahun sejak kelahirannya, Pancasila mengalami berbagai tantangan. Banyak pihak merasa bahwa belakangan ini keberadaan Pancasila hanya dianggap sebagai dasar negara belaka. Lambangnya hanya sebagai penghias dinding, Kasus-kasus kekerasan, intoleransi, dan korupsi, misalnya, menjadi tanda bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila justru tak terlihat nyata dalam potret keseharian dan kehidupan Bangsa Indonesia saat ini, Situasi itu makin menantang tatkala tak banyak pihak yang mendorong kembali penerapan nilai-nilai itu dalam kehidupan sebagai Bangsa. Pendek kata, Pancasila nyaris tak bemyawa.

Sebagai lembaga pendidikan, Sekolah Santa Ursula Bumi Serpong Damai (BSD) ikut merasakan bahwa kasus-kasus tersebut sangat berlawanan dengan nilai-nilai pendidikan yang dikembangkan. Secara langsung, kasus-kasus tersebut juga sangat berlawanan dengan nilai-nilai dalam Pancasila. Santa Ursula BSD bersikap bahwa situasi ini harus diubah. Pancasila harus kembali menjadi kekuatan dan daya tekan untuk menghadapi hal-hal yang mengancam nilai kehidupan dan kemanusiaan. 

Dalam rangka 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan 25 Tahun Santa Ursula BSD, Keluarga Besar Sekolah Santa Ursula BSD menyelenggarakan Pameran Pancasila. Pameran yang bertema "Taman Pancasila" tersebut yang diadakan pada hari Senin, 17 Agustus 2015, pukul 09:00 -14:00 WIB di Kampus Santa Ursula BSD, JL Letnan Sutopo, Sektor 1.2, BSD, Tangerang Selatan.

"Inilah sumbangan yang dapat diberikan oleh Keluarga Besar Sekolah Santa Ursula BSD dalam menanamkan kembali sekaligus mengupayakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Kami sadar bahwa sebagai bagian lembaga pendidikan, kami perlu menerapkan nilai-nilai itu dalam pelajaran dan tindakan sebari-hari. Kami juga perlu mengajak seluruh anggota keluarga besar (termasuk guru, karyawan, orang tua dan Mitra kerja sekolah) untuk meresapi nilai-nilai itu dalam keseharian. Karenanya, Pameran ini akan memainkan peranan penting sebagai salah satu alat untuk menghidupkan kembali penerapan nilai-nilai Pancasila," kata Sr. Francesco, OSU, Koordinator Santa Ursula BSD.

Siswa seluruh sekolah di lingkungan Santa Ursula BSD mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) akan ikut serta dalam Pameran ini. Mereka akan memamerkan karya-karya terkait Pancasila dalam bentuk foto, poster, karikatur, cerita/drama, puisi, diorama, timeline, festival film pendek, hingga live performance dari siswa di seluruh tingkatan.

Kurang lebih 2000 orang yang mewakili perwakilan pemerintah, perwakilan organisasi masyarakat, orang tua siswa, akademisi, dan lain sebagainya akan menghadiri Pameran Pancasila ini. Mereka akan diajak untuk bersama-sama menggelorakan kembali penempan Pancasila dalam tindak keseharian.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back