Masa Depan Organisasi Kesiswaan SMA Santa Ursula BSD

  • Posted: 2021-02-02
  • By: Tim Badan Formatur 2020

Pandemi COVID-19 membawa perubahan yang besar yaitu bergesernya kegiatan umat manusia menjadi kegiatan berbasis daring. Masyarakat terpaksa untuk beradaptasi dalam waktu yang singkat dan menciptakan terobosan-terobosan baru agar bisa mengatasi keterbatasan di tengah pandemi ini. Hal yang sama terjadi di OSIS SMA Santa Santa Ursula BSD.

            Proses pembelajaran peserta didik lewat kegiatan non-akademis saat ini sering terlupakan dari sekolah karena karena fokus sekolah yang lebih tertuju kepada pengembangan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini terlihat jelas dengan peserta didik yang terpaksa mengusahakan segala sesuatunya secara mandiri. Hal inilah yang  dirasakan dan dilakukan oleh Badan Pengurus OSIS (BP OSIS) SMA Santa Ursula BSD tahun 2020. Seluruh proses yang biasanya bisa dilakukan dengan mudah, sekarang terasa menjadi begitu sulit. Mulai dari proses rapat, proses perizinan, hingga proses pembentukan BP OSIS periode selanjutnya.

            Beruntung, beberapa peserta didik kelas XII yang tergabung dalam BP OSIS 2020 sudah mulai memikirkan proses pembentukan BP OSIS periode selanjutnya, atau yang biasa disingkat sebagai PEMILOS 2021, sejak bulan Juli 2020. Awalnya, mereka melakukan riset dan observasi pada PEMILOS daring yang dilaksanakan sekolah-sekolah lain agar dapat memahami proses yang dilakukan. Dengan begitu, PEMILOS 2021 diharapkan bisa dilaksanakan sebaik dan seefektif mungkin untuk almamater tercinta.

            Setelah riset dan observasi, dilakukanlah brainstorming untuk menyatukan ide-ide dan pendapat dari berbagai pihak. BP OSIS 2020 sudah mulai dengan membuat konsep dan rencana kasar mengenai apa yang bisa dilakukan dan bagaimana melakukannya untuk memunculkan bayangan proses PEMILOS 2021. Segala bentuk preparasi yang diperlukan dibuat sedini mungkin karena proses tidak hanya berhenti di titik itu saja. Tahap selanjutnya yang tak kalah penting adalah berdiskusi dengan pihak sekolah agar PEMILOS 2021 tetap diadakan meski dalam kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bagian awal ini dilakukan tidak dalam waktu yang sebentar, melainkan mencapai sekitar tiga hingga empat bulan.

            Pada pertengahan bulan November, sekolah memutuskan untuk tetap mengadakan PEMILOS 2021dan mengutus tim yang turut serta membantu pada tahap awal proses pemilihan BP OSIS 2020 untuk peserta didik kelas XI. Hal ini dilakukan karena tidak adanya kelompok Kaderisasi yang biasanya menjadi salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh Ketua OSIS SMA Santa Ursula BSD. Penjaringan dimulai sejak tanggal 17 dan 18 November 2020, dimana peserta didik kelas X dan XI yang tertarik untuk menjadi BP OSIS mendaftarkan diri, kemudian dilanjutkan dengan tahap penyaringan Calon Badan Pengurus kelas XI yang dilakukan oleh tim sekolah.

            Akhirnya, pada awal bulan Desember 2020, ketika BP OSIS 2020 memaparkan laporan pertanggungjawaban dan ditetapkan dalam status demisioner, dilantiklah Badan Formatur (BF) yang bertugas merencanakan dan melakukan rangkaian kegiatan PEMILOS 2021. BF yang dilantik beranggotakan 10 orang peserta didik kelas XII yang mewakili anggota BP OSIS sebelumnya, non-BP OSIS, Kaderisasi, dan non-Kaderisasi. BF bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh proses pemilihan Ketua OSIS danpenyusunan BP OSIS 2021. Selama 13 hari kerja, BF berdinamika untuk menyesuaikan konsep-konsep kasar yang telah disusun sebelumnya sampai pada tahap eksekusi.

Serangkaian tes yang terdiri dari fit and proper test, forum group discussion, dan wawancara dilakukan untuk mencari kandidat-kandidat terbaik Calon Ketua OSIS 2021. Bakal Calon Ketua OSIS yang lolos menjadi Calon Ketua OSIS akhirnya melakukan kampanye. Proses kampanye dibagi menjadi dua jenis, yaitu kampanye massa dan kampanye cerdas.

Kampanye massa pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Akibat adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), pertemuan fisik antarpeserta didik yang terlibat tidak bisa dilakukan, sehingga semua proses PEMILOS 2021 dilakukan secara daring. Seluruh bentuk kampanye massa dilakukan melalui akun media sosial Calon Ketua OSIS bersama dengan tim kerjanya guna memperkenalkan visi dan misi masing-masing, serta menarik minat seluruh peserta didik dan guru agar berpartisipasi aktif dalam PEMILOS 2021. Berbeda dengan kampanye massa, kampanye cerdas dilakukan untuk menguji dan memperlihatkan kompetensi dari kedua Calon Ketua OSIS. Tahap ini terdiri atas orasi dan debat cerdas kedua calon yang disaksikan oleh seluruh peserta didik dan tenaga pendidik di SMA Santa Ursula BSD.

Setelah seluruh proses kampanye selesai, PEMILOS 2021 berlanjut ke tahap yang paling penting, yaitu proses pemungutan suara yang dilakukan oleh seluruh peserta didik dan tenaga pendidik di SMA Santa Ursula BSD. Badan Formatur menyelenggarakan pemilihan ini melalui media Google Form. Hasil penghitungan suara juga disaksikan secara live oleh perwakilan kelas dan perwakilan tim kerja tiap calon ketua OSIS dengan tujuan menjunjung transparansi.  Media yang digunakan ini masih belum sempurna, terlihat dari masih adanya beberapa masalah pada rekapitulasi penghitungan suara. Namun, untuk pengalaman pertama, proses ini bisa terlaksana dengan cukup baik.

Proses terakhir dari serangkaian PEMILOS 2021 adalah penyusunan kabinet BP OSIS 2021. Ketua OSIS terpilih bersama dengan Calon Ketua OSIS yang tidak terpilih mengatur dan menyusun kabinet BP OSIS 2021. Meski proses ini dilakukan bersama-sama, pada akhirnya Ketua OSIS terpilihlah yang memiliki hak prerogatif untuk memutuskan kabinet kerja BP OSIS 2021. Untuk mendukung proses ini, BF menyelenggarakan serangkaian tahap penyaringan melalui pengumpulan CV, klarifikasi CV, dan forum group discussion yang hasilnya merupakan bentuk rekomendasi dari BF kepada Ketua OSIS terpilih sebagai bahan pertimbangan.

Rangkaian acara PEMILOS ini berakhir pada hari Kamis (17/12) dengan dilantiknya Andrea Felicia Subena sebagai Ketua OSIS dan seluruh Badan Pengurus OSIS SMA Santa Ursula BSD 2021. Dari proses ini, banyak hal bisa dipelajari, terutama tentang bagaimana beradaptasi dan berinovasi dalam situasi yang sulit. Walaupun seluruh proses belum sepenuhnya sempurna, PEMILOS 2021 menjadi langkah yang besar dalam memajukan bidang kesiswaan SMA Santa Ursula BSD.


A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back