Gerak-Gerik Mencintai Lingkungan Pemilahan Sampah dan Pengomposan

  • Posted: 2022-09-14
  • By: Jolene Kezia Annabelle Sulung | XD/19

Sanurians, di manakah hatimu? Tahukah Anda bahwa sebagai remaja di era globalisasi ini, penyaluran akal, jiwa, dan raga itu sangat dibutuhkan? Jangan hanya jadi kaum rebahan dong, sobat! Namun jangan khawatir, karena Seksi Pembantu Umum sudah siap dengan solusinya nih, manteman! Ya, apalagi kalau bukan kegiatan Pemilahan Sampah dan Pengomposan? Benar sekali, kegiatan ini sudah kembali beraksi. Simak artikel ini ya untuk melihat keseruannya!

Kegiatan pemilahan sampah dan pengomposan ini dilakukan sepulang sekolah pada hari Jumat, 26 Agustus 2022. Program ini diawali dengan pemilahan sampah di Hall SMP-SMA dengan dampingan dari Ibu Agatha dan sejumlah panitia dari seksi Pembantu Umum. Kegiatan ini dilaksanakan oleh perwakilan peserta didik kelas  XII IPB, yaitu Gian, Marco, dan Klemens. Kegiatan pemilahan sampah tidak berlangsung lama—hanya kurang lebih 15 menit—di mana tim akan melakukan pemilahan sampah terhadap sampah yang letaknya belum sesuai dengan jenis tempat sampahnya. Setelah itu, sampah akan dimasukkan ke dalam kantong plastik yang baru dan diletakkan di belakang kantin untuk diambil karyawan nanti.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Gian, Marco, dan Klemens sempat berbagi pengalaman sedikit mengenai kesannya mengikuti pemilahan sampah. Pertama, mereka mengatakan bahwa mereka ingin mencari kesibukan setelah jam pelajaran usai. Mereka menambahkan juga ingin merasakan kotor sedikit, serta ingin menambah pengalaman. Nah, pengomposannya gimana ya kira-kira?

Pastinya tidak kalah seru. Pengomposan dilakukan di Rumah Pengomposan dekat gedung Auditorium pada pukul 13.37 WIB. Kegiatan ini dilakukan oleh Elsa, Kinan, Mae, dan Sello yang juga masih dari kelas XII IPB. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan mengenai mesin pencacah daun (hati-hati ya, manteman, mesinnya berisik dan banyak mengeluarkan serbuk dedaunan!). Setelah itu, mulailah proses pembagian tugas—ada yang bertugas memasukkan daun, menyodok daun masuk penggilingan, dan memegang plastik sampah untuk menampung hasil penggilingan. Sayangnya, ternyata masih banyak sampah anorganik yang tercampur di antara tumpukan daun, antara lain tisu, botol, hingga kantong plastik. Wah, hati-hati ya!

Setelah selesai, hasil pencacahan daun tersebut akan masuk ke dalam barrel, yakni wadah silinder berongga, untuk proses penyimpanan daun dan bakteri pengomposan. Prosesnya mudah, Sanurians—barrel diputar 10 kali oleh Ben dan Sello. Semangat ya…

Kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk semata-mata keren dan eksis. Namun, lebih tepatnya didasari oleh tiga nilai Santa Ursula, yakni cinta lingkungan, kepekaan, dan daya juang. Peserta didik Santa Ursula diajarkan untuk lebih memperhatikan keadaan di sekitarnya. Selain itu, peserta didik juga diajarkan untuk mengolah sampah sebagai solusi kreatif untuk menjaga kelestarian bumi. 

“Dan mungkin, apa ya, kan lumayan capek—jadi kayak kita belajar daya juang juga, seperti itu,” kata Ben saat diwawancarai.\

Hasil pengomposan ini akan dijual secara pre-order (dicatat ya teman-teman!) dengan harga Rp 10.000,00. Hasil penjualannya akan masuk ke dalam kas Presidium SMA Santa Ursula BSD. Dijamin, kalian akan mendapatkan banyak banget keseruan, hiruk pikuk, dan wawasan dari dua kegiatan ini. Teman-teman dari seksi Pembantu Umumnya juga sudah terlatih loh…

Nantikan keseruan lainnya dengan Tribun Ursula, ya! Teguhkan hatimu, Sanurians!

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back