PENGALAMAN BERHARGA DARI PELATIHAN DI BATALYON ARHANUD

  • Posted: 2022-10-27
  • By: Levanni Natania Limanoh XC/24

Kesempatan mendapatkan pelatihan fisik dan mental di Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Kostrad adalah kesempatan yang unik dan jarang didapat oleh peserta didik. Peserta didik kelas X SMA Santa Ursula BSD mendapatkan kesempatan berharga untuk mengikuti pelatihan fisik dan mental di Arhanud. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa-Rabu, 20-22 September 2022. 

Kegiatan pelatihan di Arhanud yang semula menjadi kegiatan rutin peserta didik kelas X ini sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, kini kegiatan pelatihan di Arhanud dapat kembali terlaksana, tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Salah satu protokol wajib yang dilakukan oleh peserta didik adalah melakukan tes antigen sehari sebelum kegiatan berlangsung. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini memberikan banyak manfaat dan pengalaman berharga bagi peserta didik kelas X SMA Santa Ursula BSD, baik dari segi fisik maupun mental. Ada berbagai pelatihan yang dapat diikuti, antara lain latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), pelatihan membaca kompas, pelatihan memberikan pertolongan pertama, maupun sejumlah fun games seru lainnya. Semua kegiatan yang diselenggarakan tentunya berguna dan memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi kehidupan peserta didik kelas X SMA Santa Ursula BSD di masa depan.

Kegiatan ini dimulai pada hari Selasa, 20 September 2022, pukul 07.00 peserta didik berangkat dari sekolah Santa Ursula BSD ke Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Kostrad yang berlokasi di Tangerang Selatan. Setibanya di Batalyon Arhanud, peserta didik disambut oleh para pelatih yang tak lain ialah Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Peserta didik diberi penjelasan mengenai peraturan yang berlaku di sana, antara lain siswa-siswi harus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah dan barang-barang pribadi, menjaga tindakan, serta tidak sompral atau melontarkan kata-kata yang tidak pantas. 

Kegiatan yang pertama adalah latihan membaca kompas. Jika sebelumnya sebagian besar peserta didik hanya mengenal kompas digital pada gawai mereka, melalui kegiatan Arhanud ini, peserta didik menjadi kenal dan memahami cara kerja kompas analog, bahkan belajar cara membacanya. Cara membaca kompas analog dibagi menjadi dua, yaitu untuk pemakaian di siang hari dan di malam hari. Tentunya keduanya memiliki teknik membaca yang berbeda. Saat membaca kompas, kita harus lebih berkonsentrasi dan fokus. Tujuannya tidak lain agar tidak salah arah dan bisa mencapai tempat destinasi yang ingin dituju. Kegiatan selanjutnya adalah Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilakukan secara berkelompok sesuai peleton (regu) masing-masing. Kegiatan ini memerlukan kekompakan tim agar gerakannya kompak dan sinkron. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan kerja sama antarpleton. 

Ada pula pelatihan tentang cara memberikan pertolongan pertama. Pertolongan pertama yang diberikan berbeda-beda tergantung masalah yang dihadapi, misalnya pertolongan pertama untuk penderita patah tulang pastinya berbeda dengan pertolongan pertama untuk penderita pendarahan. Dari kegiatan ini, peserta didik dilatih untuk cekatan dan sigap dalam memberi pertolongan pertama. 

Kegiatan di hari pertama terus berlanjut hingga malam hari, peserta didik diberi pengarahan tentang nilai-nilai Pancasila, maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pengarahan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme peserta didik untuk lebih mengenal dan memahami sejarah negara Indonesia. Pelatih TNI juga memberi pesan kepada peserta didik bahwa sebagai generasi muda penerus dan harapan bangsa tentu mempunyai tugas dan tanggung jawab besar akan masa depan bangsa Indonesia. Kegiatan hari pertama ditutup dengan acara jurit malam. Peserta harus berjalan mengikuti peta sederhana yang sudah disediakan untuk mencapai lokasi tujuan. Kegiatan ini melatih keberanian, kerja sama, sekaligus menguji kemampuan menggunakan kompas. 

Hari kedua dimulai dengan melakukan senam pagi bersama. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan lomba PBB dan yel-yel peleton. Semua peserta didik sangat antusias dalam mengikuti perlombaan dan berusaha secara maksimal. Selain mengasah semangat juang dan kekompakan tim, perlombaan ini juga mengajarkan sikap sportif dan pantang menyerah bagi kelompok yang belum menang. Selanjutnya, para peserta dikumpulkan di lapangan karena ada beberapa barang pribadi yang tertinggal di kamar mandi. Peserta didik kelas X dituntut untuk bersikap jujur dan berani mengakui kesalahannya. Rasa solidaritas tim juga ikut diuji karena jika ada satu anggota yang berbuat kesalahan, maka yang menerima hukuman yaitu satu peleton.

 

Kegiatan pelatihan fisik dan mental di Batalyon Arhanud yang singkat ini memberikan kesan yang mendalam bagi peserta didik. Ada banyak hal yang didapat, mulai dari meningkatkan kedisiplinan, semangat juang, keberanian, pantang menyerah, kerja sama dalam tim, rasa cinta lingkungan, tanggung jawab, bahkan kejujuran. Semoga melalui kegiatan pelatihan dua hari satu malam ini, semakin mengasah 10 nilai Santa Ursula dalam diri peserta didik kelas X SMA Santa Ursula BSD agar dapat menjadi pribadi yang semakin utuh, cerdas, dan melayani.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back