STREAM: STRATEGI SIKAPI PERKEMBANGAN ZAMAN

  • Posted: 2023-05-08
  • By: Grace Patricia/ XI MIPA 3/ 08

Era yang serba cepat ini mengajak kita untuk turut berubah, salah satunya dalam gaya hidup. Lantas, apakah ada cara untuk mengimbangi tren tanpa meninggalkan budaya Indonesia? Jawabannya bisa ditemukan dalam kegiatan STREAM!

STREAM merupakan singkatan dari Science, Technology, Religion, Engineering, Art, dan Mathematics. Eksibisi yang digelar pada tanggal 18 April 2023  di Aula SMA Santa Ursula BSD merupakan kegiatan yang diadakan sebagai bentuk kolaborasi untuk pemenuhan tugas kewirausahaan peserta didik kelas XII. Melalui STREAM, peserta didik kelas XII berkesempatan untuk melatih kemampuan berwirausaha dan berinovasi dalam menciptakan suatu kultur yang kreatif dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan dan corak khas Nusantara.

Sebanyak 11 karya siap dipamerkan, di mana masing-masing karya memiliki manfaat tersendiri, baik dalam hal rekreasi, fesyen, kosmetik, dan kuliner. Beragam karya STREAM yang menggugah mata membuat saya dan para pengunjung lainnya sungguh tak sabar untuk mengunjungi berbagai gerai yang ada. Contoh karya dalam bidang rekreasi yaitu tersedianya permainan “Bedhawangan” yaitu permainan papan bertemakan budaya mistis lokal. Ada pula “Lantara” yaitu permainan merakit papan berbentuk lentera yang bercorak rumah adat, flora, dan fauna khas Papua. Selain permainan, terdapat juga produk Painting Kit “Ragam Elok” yang mengajak kita untuk melukis di buku lukis bersama dengan cat air berbahan dasar sampah organik. Nah, selain itu, ada karya yang fokus dalam hal memanfaatkan proses daur ulang. Produk “Harotas” menawarkan sensasi menulis pada buku dari kertas daur ulang yang tak kalah kualitasnya dengan kertas dari serat kayu. Terrarium “Samasta” juga hadir menyajikan keindahan topografi Papua, cocok untuk cuci mata!

Tidak hanya itu, produk fesyen dan kosmetik juga turut memeriahkan acara pameran STREAM tahun 2023.  Dengan tas jinjing Hanjewu dan lanyard Halemei dari merk dagang “Huma” serta produk kerajinan tas anyaman noken dari merk “Wamuma”, kita dapat terlihat modis dengan  tetap ramah lingkungan. Terdapat juga wewangian merek “Aromah” yang memperkenalkan kepada pengunjung tentang harum rempah Nusantara dengan tiga varian wanginya. Merk dagang “Aamatoa” tak kalah uniknya dengan meluncurkan sabun kertas berbahan  dasar buah matoa yang praktis untuk dibawa dan dipakai dimana saja.  Tak kalah asik, para pengunjung juga disajikan dengan berbagai hidangan tradisional, yaitu es krim merek “Horas” dengan variasi rasa markisa, kopi gayo, dan putu bambu. Ada pula seduhan minuman herbal, serta wedang uwuh celup yang praktis merek  “Nuraga” dengan variasi rasa wedang uwuh dan wedang jatiluwih jahe. 

Inovasi yang unik dan berdaya guna ini menjadi daya tarik dari STREAM tahun 2023 ini. Peserta kolaborasi dari semua jurusan ini juga terlatih untuk memiliki daya kreatif dan inovatif. Nah, jika ada kesempatan, apakah kalian semakin tertarik dan siap berpartisipasi dalam STREAM tahun selanjutnya?

Artikel ini merupakan hasil dari seleksi karya tim kerja jurnalistik presidium yang diadakan pada tanggal 22 April 2023. Penulisan artikel dalam rangka seleksi tersebut diunggah ke dalam situs  Santa Ursula BSD sebagai bentuk dokumentasi kegiatan STREAM 2023 serta karya perdana dari tim kerja jurnalistik.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back