SERVIAM CAMP VII - 2023

  • Posted: 2023-10-03
  • By: (Silvi - SD)

Serviam Camp ke VII sekolah Ursulin Regio DKI Jakarta-Banten-Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 2 September 2023, mengambil tema ”Dalam Kebersamaan Menyongsong Masa Depan”.  Kegiatan ini diikuti oleh 8 Sekolah Dasar yaitu SD Santa Ursula Jakarta, SD Yuwati Bhakti Sukabumi, SD Santa Angela Bandung, SD Santa Ursula Bandung, SD Santa Maria Jakarta, SD Vincentius Jakarta, SD Santa Theresia, dan SD Santa Ursula BSD. Tahun ini, SD Santa Ursula BSD bertugas sebagai penyelenggara Serviam Camp 2023. 

Mengawali kegiatan, semua peserta diajak berkeliling untuk mengenal lingkungan Kampus Santa Ursula BSD. Mereka didampingi oleh petugas dari sie acara dan pendamping sekolah masing-masing. Selanjutnya, peserta mengikuti Upacara Pembukaan. Upacara diawali dengan devile setiap kontingen sekolah. Tepuk tangan meriah mengiringi kontingen memasuki area upacara dan menyorakkan “yel-yel” di hadapan para tamu undangan.  Kemeriahan juga tampak saat kontingen menampilkan tarian dari sekolah masing-masing. 

Ibu Victoria Istiningsih selaku ketua panitia Serviam Camp VII menyampaikan hal-hal yang menjadi latar belakang pelaksanaan Serviam Camp VII ini. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa melalui kegiatan Serviam Camp ini, peserta diharapkan untuk meningkatkan kepedulian dan kasih terhadap sesama maupun lingkungan, serta menjalin persaudaraan antar anggota komunitas Kampus Ursulin.  Senada dengan ketua panitia, dalam sambutannya, Sr. Ferdinanda Ngao,OSU sebagai  Ketua II Regio DKI – Banten juga menyampaikan bahwa sekarang saatnya maju BERSAMA dalam semangat SERVIAM.  Beliau mengajak semua peserta untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung persaudaraan, kepedulian lingkungan, mengasah semangat juang dan kerja sama, serta integritas. Beliau juga mengajak para peserta untuk menyatakan sukacita SERVIAM dalam KEBERSAMAAN. 

Sebagai wujud kebersamaan dan persaudaraan, semua peserta membaur dalam kelompok. Mereka tinggal dalam tenda-tenda, berisi peserta dari sekolah yang berbeda. Di sinilah keseruan dimulai. Mereka mulai saling berkenalan dan melakukan aktivitas bersama dalam kelompok. Nama Brescia digunakan untuk kelompok kampung peserta putri dan nama Dezensano digunakan untuk kampung peserta putra. Selanjutnya peserta bersama kelompoknya melakukan berbagai kegiatan.

Kegiatan pada hari kedua dimulai dari bangun pagi pukul 05.00 diawali dengan doa pagi bersama, dilanjutkan dengan melakukan  olah raga di lapangan. Setelah mandi dan sarapan, peserta mulai berkegiatan yaitu membuat eco enzim, menanam hidroponik, permainan tradisional, permainan aral rintang, berkreasi menggunakan barang bekas, dan berbelanja ke pasar. Rasa lelah  tampak di wajah para peserta. Namun, mereka terlihat bersemangat mengikuti setiap kegiatan. 

Kegiatan paling seru adalah memasak sayur dan lauk untuk santap siang. Dimulai dengan berbelanja di pasar, semua peserta terlibat untuk mengolah bahan makanan yang telah dibeli. Selesai memasak, mereka pun menyiapkan santap siang bersama. Waaow.. terasa nikmat sekali, makanan habis tak bersisa. Setelah makan siang, peserta kembali melanjutkan kegiatan. Sore hari, peserta mempersiapkan acara api unggun. Di acara api unggun ini, semua bergembira. Setiap kontingen sekolah menampilkan potongan cerita “ Moana”  yang dikemas dalam berbagai tampilan dan menjadi satu rangkaian cerita. Di akhir kegiatan, acara ditutup dengan doa malam.

Hari terakhir setelah sarapan, peserta berkumpul di ruang serbaguna. Setiap kontingen sekolah memaparkan arti simbol sekolah masing-masing. Selanjutnya, peserta diajak untuk lebih mengenal “Santa Angela”. Acara Serviam Camp VII, ditutup dengan perayaan Ekaristi di gereja Santa Monika. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Romo Rafael Adi Pramono, OSC. 

 

Sampai jumpa di Serviam Camp selanjutnya yang lebih seru.. sayonara.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back