Hari Pangan Sedunia: Cegah Stunting, Tingkatkan Nilai Gizi !

  • Posted: 2023-11-15
  • By: Artikel oleh Getsamane Eleazar Sitepu XII IPS 2/14 dan Bernardus Krisna Patriska XII MIPA 2/04

Hari Pangan Sedunia atau HPS yang diselenggarakan pada 16 Oktober 2023 dengan mengangkat stunting sebagai tema HPS oleh Keuskupan Agung Jakarta juga turut diramaikan oleh Sekolah Santa Ursula BSD. Acara HPS diikuti oleh seluruh peserta didik dengan kegiatan makan bersama dengan membawa makanan menu 4 sehat 5 sempurna. Selain dengan acara makan bersama,  peserta didik juga turut merayakan HPS kali ini dengan mengikuti lomba mading dan video pendek antarkelas. 

Kegiatan HPS diawali dengan penayangan video mengenai penjelasan apa itu stunting dan pentingnya memakan makanan yang memiliki gizi seimbang. Selain itu, dalam  video tersebut juga terdapat teknis mengenai acara yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 18 Oktober 2023. Acara HPS yang dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober diawali dengan pengaturan  meja tiap kelas  yang dibuat sedemikian rupa untuk menyiapkan makanan yang telah dipersiapkan dari rumah. Kriteria makanan yang dibawa tidak boleh makanan ringan tetapi masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna (makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan susu). Peserta didik kemudian berkumpul dalam kelompok masing-masing dan menyantap makanan yang telah mereka bawa. Selama makan bersama, semua peserta didik tampak saling berbagi makanan dan minuman mereka ke peserta didik yang lain bahkan, tidak sedikit dari mereka yang melakukan barter. Acara ini dilakukan dengan tujuan agar peserta didik lebih sadar bahwa memakan makanan dengan gizi seimbang merupakan hal yang sangat penting dan bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan oleh semua orang. 

Pada Rabu, 18 Oktober kegiatan HPS dilanjutkan dengan lomba membuat mading dan video singkat antarkelas. Lomba membuat mading ini diikuti oleh dua kelompok perwakilan tiap kelasnya. Peserta didik yang tidak ikut kelompok lomba mading, mengikuti lomba membuat video pendek. Lomba mading memiliki dua tema yang berbeda yaitu “Krisis Pangan di Indonesia dan/atau Negara Lain di Dunia” dan “Kesulitan Pemenuhan Kebutuhan Pangan di Kalangan Masyarakat”.  Selain itu, lomba membuat video pendek mengangkat tema “Gizi Berimbang”. Hasil akhir video pendek dapat berbentuk video sketsa atau iklan. Pemenang lomba membuat video pendek dapat disaksikan di kanal Youtube Santa Ursula BSD. Lomba ini diselenggarakan untuk mengasah kreativitas dan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran di kalangan peserta didik dan masyarakat umum tentang stunting dan dampaknya terhadap anak Indonesia.


Melalui berbagai acara ini, peserta didik diharapkan sadar akan tingginya tingkat stunting di Indonesia. Lebih dari itu, harapannya acara ini dapat menyadarkan peserta didik untuk menaruh perhatian lebih pada makanan yang mereka makan karena masih banyak masyarakat di Indonesia dan/atau dunia yang sangat sulit mendapatkan makanan. Padahal, menurut Food and Agriculture Organization (FAO) yang memperlihatkan data limbah makanan, ada 1,3 miliar ton makanan yang terbuang setiap tahunnya secara global. Kami mewawancarai dua orang peserta didik yaitu Nicholas Vesakha dan Marcela Vania dari kelas XII MIPA 2 agar kami bisa melihat seberapa jauhkah dampak dari acara HPS kali ini. Menurut Nicho dan Cela acara HPS kali ini berjalan dengan sangat baik karena dalam setiap kegiatan memiliki “nilai esensial” yang harus digali oleh para peserta didik sehingga mampu meningkatkan kesadaran murid akan stunting dan

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back