MENGAPA TRANSISI ENERGI ITU PENTING?

  • Posted: 2021-04-05
  • By: Monica Emy Rustanti

Saat ini banyak peserta didik yang kurang memiliki kesadaran menghemat energi mulai dari rumah. Mereka merasa orang tua memiliki kemampuan finansial untuk membayar listrik sebagai sumber energi di rumah mereka. Faktanya perilaku seperti ini tidak bersahabat terhadap kelestarian lingkungan dimana sumber energi listrik yang selama ini mereka pakai bersumber dari sumberdaya yang tidak dapat diperbarui yaitu sumberdaya fosil. Diberbagai belahan dunia sudah banyak negara-negara yang mulai beralih ke sumber energi baru dan terbarukan, seperti air, angin, cahaya matahari, panas bumi, dan bioenergi.

Pemahaman akan pentingnya sumber energi baru dan terbarukan sangat penting dimiliki oleh generasi muda. Untuk itu kami berencana  memberikan pengayaan materi mengenai sumber energi terbarukan dan proses transisi energi.  Kami mengadakan kegiatan sharing session sebagai pengayaan materi tersebut secara daring. Dari penelusuran kami, IESR adalah lembaga think tank yang memiliki perhatian dan fokus pada berbagai kajian tentang isu energi baru dan terbarukan. Untuk itu kami mengundang IESR untuk berbagi pengetahuan kepada peserta didik kami.

 

Sharing Session yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Februari 2021 dengan pembicara bapak Gandabhaskara Saputra dari Institute for Essential Services Reform (IESR). Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas VII yang sedang mempelajari materi energi dalam kehidupan sehari-hari. Diawali dengan bermain game dari slido.com yang di dalamnya terdapat 5 pertanyaan terkait tentang energi, kemudian dilanjutkan dengan mengenal jenis energi terbarukan, mengelompokkan energi berdasarkan sumbernya, dan apa yang perlu kita lakukan agar bumi ini tetap terjaga. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperluas pemahaman siswa tentang penggunaan energi yang berdampak pada keadaan bumi. Semakin cerdas menggunakan energi, maka semakin terjaga kelestarian bumi pertiwi.

Dalam sharing ini, pembicara memberi pemahaman tentang penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, hampir setiap orang pasti memiliki handphone. Tentunya setiap handphone memerlukan listrik untuk mengisi daya. Pengisian daya yang berlebih, akan menghabiskan listrik berlebih juga. Akibatnya, energi fosil yang diambil dari alam untuk menciptakan listrik, lama kelamaan akan habis. Di pulau jawa, hampir setiap daerah sudah mendapat aliran listrik yang cukup memadai, tetapi di luar pulau jawa ada daerah yang masih belum teraliri listrik. Lalu bagaimana dengan daerah yang belum teraliri listrik? Pertanyaan tersebut mengajak siswa berpikir bagaimana cara untuk menghemat energi yang dipakai sehari-hari baik di rumah maupun dalam lingkungan hidup masing-masing.

Materi ini berkaitan dengan salah satu nilai yang diterapkan di Sekolah Santa Ursula BSD yaitu cinta lingkungan. Penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu wujud kita untuk mencintai alam sekitar kita. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak pertanyaan yang ingin disampaikan kepada pembicara. Namun, karena waktu yang terbatas, pertanyaan tersebut masih mereka simpan untuk ditanyakan pada saat pembelajaran jarak jauh berlangsung. Selain berguna untuk siswa-siswi kelas VII materi yang dibawakan pada kegiatan ini juga memperluas wawasan pengetahuan untuk bapak-ibu guru IPA yang mengikutinya. Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada siswa-siswi kelas VII karena telah mengikuti kegiatan hari ini, sesi terakhir ditutup dengan pemberian doorprice kecil untuk 5 siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari pembicara dan moderator.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back