Tips Jitu Menulis Karya Ilmiah Bersama Bapak Ibnu Wibowo!

  • Posted: 2023-11-03
  • By: Artikel oleh: Abel / XII IPS 1 / 4 dan Vania / XII IPS 2 / 36

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, pada tanggal 20 September 2023, tim guru Bahasa Indonesia SMA Santa Ursula BSD mengadakan Seminar Jurnal Ilmiah sebagai upaya meningkatkan sarana dan fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik kelas XII. Seminar ini menghadirkan seorang narasumber, yakni Bapak Alexander Joseph Ibnu Wibowo, atau yang akrab disapa Bapak Ibnu, seorang dosen aktif di Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta. Sebagai seorang pendidik, fokus utama Pak Ibnu adalah pada bidang Marketing Research, Research Methodology, dan Marketing. Beliau juga memiliki pengalaman dalam melakukan berbagai penelitian, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, dengan fokus pada bidang-bidang seperti Service Dominant Logic, Value Co-Creation, General Marketing, Service Science, Market, Shaping, dan Innovation. Seminar ini berlangsung di Aula SMP-SMA Santa Ursula BSD. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas XII SMA Santa Ursula BSD. 

Materi untuk membuat jurnal karya ilmiah telah diberikan kepada seluruh peserta didik kelas XII, meliputi kelas jurusan MIPA, IPS dan Bahasa. Maka dari itu, selain untuk memperingatkan Bulan Bahasa, penyelenggaraan seminar ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada para peserta didik dalam mengembangkan jurnal ilmiah mereka masing-masing. Harapannya, hasil akhir artikel jurnal ilmiah peserta didik dapat mencapai potensi maksimal. 

Saat masuk pada materi seminar, tentunya Bapak Ibnu mengawalinya dengan menjabarkan konsep jurnal ilmiah, termasuk kontennya dan lembaga/institusi yang berwenang dalam menerbitkan jurnal ilmiah. Selanjutnya, beliau menguraikan sifat-sifat jurnal ilmiah yang bersifat akademis, konseptual, dan teoritis. Selain itu, dalam proses pembuatan jurnal ilmiah penting untuk menggunakan jurnal lain sebagai referensi (jurnal review), sebagai basis dalam pembuatan jurnal sendiri. Penting juga untuk memastikan jurnal-jurnal yang digunakan sebagai referensi memenuhi standar kualitas. Selama seminar ini, Bapak Ibnu juga merincikan ketentuan yang harus terpenuhi jurnal review agar artikel jurnal yang digunakan sebagai referensi memiliki kualitas yang baik. Tidak lupa juga beliau memberikan wawasan mengenai platform-platform apa saja yang dapat kita temukan untuk mencari jurnal-jurnal yang memenuhi standar kualifikasi.

Dalam seminar ini pula, kami memiliki kesempatan untuk dikaji artikel jurnal ilmiahnya oleh Bapak Ibnu sendiri. Menurut kami, ini adalah kesempatan yang sangat berharga. Dari setiap jurusan, terpilih satu jurnal untuk dikaji ulang oleh Bapak Ibnu. Seperti contohnya dari jurusan IPS yang terpilih adalah jurnal miliki kelompok Alexa, Gracia, dan Fe. Mereka membahas topik mengenai Tradisi Se'i. Setelah mempresentasikan secara singkat mengenai latar belakang artikel jurnal dan isi pembahasannya. Kemudian, artikel jurnal mereka kemudian dikaji ulang dan diberi masukan oleh Bapak Ibnu. Masukan yang diberikan pun membantu kami  dalam merevisi artikel jurnal ilmiah kami. 

 

Kesempatan mengikuti seminar mengenai menulis artikel jurnal ilmiah bersama Bapak Ibnu menjadi kesempatan berharga bagi kami, peserta didik kelas XII dalam pembuatan artikel jurnal ilmiah. Kami menjadi lebih paham dan mengerti tentang bagaimana cara membuat jurnal ilmiah yang baik dan terpercaya. Selain itu, kami lebih paham mengenai plagiarisme dan bagaimana cara menulis jurnal tanpa plagiarisme. Semoga dengan seminar ini, kami menjadi lebih bersemangat dalam membuat jurnal ilmiah kami. Terima kasih, Bapak Ibnu!

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back