Refleksi Lomba Pramuka Tingkat 2

  • Posted: 2015-09-22
  • By: Cathelia Elisabeth IXB / 9

Pada hari Jumat, 4 September 2015 sampai Minggu, 6 September 2015, kami 16 anggota pramuka SMP Santa Ursula BSD diminta untuk mewakili sekolah mengikuti Lomba Tingkat 2 yang diadakan di sekolah Cikal Harapan. Waktu persiapan yang diberikan kepada kami hanya dua minggu. Dua minggu bukan waktu yang panjang, banyak sekali cabang lomba yang harus kami persiapkan. Dari pramuka SMP Santa Ursula BSD dikirim dua regu, satu regu putra (Regu Rajawali) dan satu regu putri (Regu Mawar). Secara fisik saja bisa dilihat sekolah lain lebih berpengalaman karena kegiatan Pramuka sudah cukup lama di sekolah mereka, sedangkan di SMP Santa Ursula BSD, baru berjalan 11 bulan.

 

Dari latihan hingga lomba yang ada di pikiran kami hanya satu bahwa ini merupakan lomba pertama kami dengan membawa nama sekolah. Kami harus bisa mengharumkan nama sekolah dan memberikan prestasi terbaik pada Gudep Serviam-BSD. Sekolah lain datang dengan persiapan yang sangat matang (misalnya membawa gapura yang sudah jadi) sedangkan kami datang tanpa membawa banyak barang. Kami membuat tenda dan gapura sendiri berbeda dengan sekolah lain yang dibuatkan oleh pembinanya. Namun, justru itu yang menjadi kelebihan kami.

 

Lamanya kegiatan tiga hari dua malam dengan kondisi cuaca yang seperti padang gurun membuat emosi kami memuncak. Tetapi saya akui kekompakkan antara sangat baik. Kami selalu bersama bahkan saat istirahat dan kemana pun kami mau berpindah tempat, kami selalu berbaris rapi. Dalam kondisi apapun, kami selalu bersama selalu mendukung satu sama lain. Peristiwa yang lebih membanggakan adalah pada saat kami menyanyikan lagu Mars Serviam. Kami memang dituntut untuk berbaur dengan murid-murid sekolah lain yang berbeda agama, tapi dengan bangga kami membuat tanda salib.

 

Kami semua tidak menyangka akan mendapatkan juara I (regu putri) dan juara II (regu putra). Kami sangat senang dan bangga karena semua jerih payah kami tidak sia-sia dan bisa membanggakan sekolah serta memberikan prestasi pertama yang luar biasa pada Pramuka Serviam - BSD. Di sana kami pengalaman suka dan duka, yang mengasah kekompakkan dan mental kami. Dari lomba ini saya belajar bahwa kekompakkan, kerjasama dan semangat  juang itu sangat penting dalam menghadapi apa pun. Selain itu saya juga belajar bahwa kesuksesan diraih dengan kerja keras. “Pemula tidak menjamin kita menjadi yang terakhir, tetapi pemula bisa menjadi yang terbaik”.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back