Indonesia Pusaka Warisan Negeri

  • Posted: 2016-02-20
  • By: Jonathan Leonardo

Beragam alat musik tersebar di seluruh penjuru tanah air. Tidak hanya menjadi identitas setiap daerah tetapi juga sebagai kesenian yang memikat. Sayangnya, seiring berjalannya waktu alat-alat musik tradisional Indonesia mulai dilupakan dan digantikan keberadaannya oleh alat musik modern yang terus berkembang di Indonesia. Maka dari itu, di penghujung tahun 2015, Sekolah Santa Ursula BSD memadukan alat musik tradisional dan modern dalam sebuah pagelaran yang bertajuk Indonesia Pusaka "Berbagi Untuk Bersatu".

Pagelaran Indonesia Pusaka "Berbagi untuk Bersatu" merupakan pagelaran musik yang diselenggarakan oleh sekolah Santa Ursula BSD pada Kamis, 17 Desember 2015 dan Jumat, 18 Desember 2015. Dengan melibatkan 212 peserta didik dari SD hingga SMA, pagelaran ini berhasil menarik perhatian dari seluruh pengunjung acara ini. Kemegahan harmonisasi suara dari delapan alat musik, yakni degung, keroncong, karawitan, kolintang, angklung, gamelan Bali, band serta orkestra membentuk suatu pagelaran apik dan sayang untuk dilewatkan.

Acara dimulai dengan adanya sebuah drama singkat mengenai para remaja yang menjelajah Indonesia sekaligus mengeksplorasi alat musik di Indonesia. Kemudian dilanjutkan oleh orkestra yang membawakan lagu Varia Ibukota, Gamelan Bali dengan lagu Hujan Mas, dan masih banyak lagi. Ada pula penjelasan-penjelasan mengenai budaya-budaya Indonesia yang menjadi selingan masing-masing lagu, sehingga pagelaran tidak membosankan dan semakin menarik perhatian.

Berbagai tanggapan positif diberikan oleh para pengunjung. Salah seorang pengunjung bernama Regina (14 tahun) mengatakan bahwa pagelaran Indonesia Pusaka merupakan pagelaran musik satu-satunya yang berhasil membuatnya ingin mempelajari alat-alat musik tradisional khas Indonesia. Tanggapan positif juga diberikan oleh salah satu pemain musik dalam pagelaran Indonesia Pusaka, yaitu Krisna (16 tahun). "Pagelaran ini merupakan pagelaran yang menakjubkan, karena berhasil menggabungkan delapan alat musik yang berbeda dan menghasilkan alunan musik yang merdu", ujarnya.

Berbeda dari pagelaran-pagelaran musik lainnya yang biasanya hanya menampilkan lagu- lagu pop atau jazz, pagelaran Indonesia Pusaka ini membawakan berbagai lagu daerah asal Indonesi yang dikomposisi secara apik oleh Iswara Giovanni. Delapan alat musik yang berbeda pun juga dikolaborasikan dalam satu pagelaran dan dipimpin oleh Eric Awuy. Selain itu, pagelaran Indonesia Pusaka ini juga kembali mengenalkan kekayaan budaya-budaya Indonesia yang sudah mulai pudar di kalangan masyarakat, terutama kaum muda Indonesia sekarang ini.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back