Pengomposan di SMP Santa Ursula BSD

  • Posted: 2016-03-21
  • By: Adi/ 8C

Pengomposan adalah proses di mana bahan organik mengalami penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi. Sampah yang digunakan untuk pengomposan  berasal dari tumbuhan dan dedaunan yang jatuh dari pohon. Untuk mempercepat terjadinya pengomposan, sampah diberi ragi/bakteri. Hasil dari pengomposan sampah organik ini disebuk kompos yang dapat dijadikan pupuk untuk menambah kesuburan tanaman.
SMP Santa Ursula BSD juga melakukan kegiatan pengomposan. Kegiatan ini merupakan kegiatan dari Badan Pengurus OSIS (khususnya seksi Pembantu Umum) dan didampingi guru-guru IPA juga wali kelas. Kegiatan ini dilakukan di Rumah Pengomposan, sebelah lapangan olahraga SMA. “Membuat kompos itu ternyata tidak sesusah yang saya bayangkan,” kata salah satu teman yang mengikuti kegiatan pengomposan. Untuk dapat menjadikan sampah menjadi kompos, ada beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu:
-    Menggiling dedaunan dengan mesin penggiling
-    Memberikan ragi kepada daun hasil gilingan
-    Mengaduk ragi hingga tersebar rata ke seluruh hasil gilingan
-    Memasukkan dedaunan yang sudah digiling dan diberi ragi ke tong pengomposan
-    Menunggu sekitar seminggu-dua minggu, lalu mengambil dedaunan yang sudah dimasukkan ke tong pengomposan untuk diayak
-    Mengayak dedaunan dengan alat pengayak
-    Mengemas hasil ayakan ke dalam plastik seberat dua kilogram

Demi melakukan itu semua, kegiatan dibagi dalam dua tahap. Yang pertama adalah menggiling dedaunan dan disimpan di dalam tong pengomposan dan yang kedua adalah mengayak hasil pengomposan. Kegiatan pengomposan ini diadakan setiap hari Selasa dan Sabtu sepulang sekolah oleh kelas yang bertugas dengan mengirimkan lima siswa perwakilannya. Tentu saja, hal ini dibantu oleh OSIS dari seksi PU dan guru-guru IPA serta wali kelas SMP Santa Ursula BSD.
Tujuan melakukan pengomposan ini adalah untuk mengurangi sampah, khususnya sampah organik,  dan menghasilkan sesuatu yang berguna dari sampah, yaitu pupuk kompos. Pupuk ini sangat berguna untuk membuat tanaman semakin subur dan tidak membahayakan tanah karena terbuat dari bahan organik. Ada banyak sekali manfaat dari pembuatan kompos. Tidak hanya untuk manfaat dalam aspek ekonomi, tapi dalam aspek lingkungan dan untuk tanaman yang diberi kompos itu sendiri. Kini BP OSIS SMP Santa Ursula BSD mulai menjual pupuk kompos hasil dari kegiatan di atas. Bagi yang ingin memesan, dapat menghubungi BP OSIS SMP Santa Ursula BSD.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back