Tiga Hari Penuh Tantangan

  • Posted: 2020-02-24
  • By: Nicholas Andrew/VIII-A

Hari Senin sampai dengan Rabu, tepatnya tanggal 3-5 Februari 2020, saya dan teman-teman menjalani LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) sebagai Badan Pengurus OSIS periode 2020. Kami mengorbankan waktu dan tenaga untuk sungguh-sungguh menggunakan kesempatan yang diberikan dengan maksimal. Harapannya, kami dapat menjalani semua tugas kami sebagai Badan Pengurus OSIS yang baru. Hari pertama, kami semua diberi pengarahan di Hall SMP Santa Ursula BSD oleh Suster Francesco tentang pelaksanaan dan kegiatan LDK yang akan kami jalani selama tiga hari ini. Suster juga berbicara mengenai hal penting, yaitu tentang membangun jejaring dan kolaborasi. Sesudah itu, kami pergi ke Auditorium tempat pelaksanaan LDK.

Pada kegiatan pertama, kami menulis tantangan dan harapan, serta menilai diri sendiri. Hal ini dilakukan agar kami punya tujuan dan kami bisa mengembangkan diri lebih baik saat LDK berlangsung. Kemudian kegiatan dilanjutkan ke sesi perkenalan diri dan asosiasi bebas. Setelah itu, kami melakukan kegiatan di luar ruangan (outdoor). Kami semua dibagi ke dalam tiga kelompok yang masing-masing kelompok berisi 11 orang. Setiap kelompok diharuskan melewati semua tantangan yang diberikan, seperti menyeberangi tali yang digantung di antara dua pohon, menurunkan pipa besi secara bersamaan, membalikkan spanduk yang diinjak tanpa keluar dari spanduk, dan memindahkan ember di atas pipa paralon dari satu sisi ke sisi lainnya menggunakan stik kayu. Setiap rintangan mempunyai tantangan tersendiri dan kami harus memiliki strategi dan kerjasama yang baik. Pada sessi yang terakhir, kami sebagai BP OSIS menjadi satu tim besar dan kami ditugaskan untuk bisa menyelesaikan tantangan terakhir, yaitu memindahkan pipa yang berisi air dari dalam kotak ke ember mennggunakan tali dan ban kempes. Namun, kami gagal karena kecerobohan dan kurangnya komunikasi yang jelas dan akhirnya merugikan kami sendiri. Akhirnya, kegiatan kami selesai pada pukul 15.00 sore. Kami belajar banyak hal dari simulasi atau kegiatan yang dijalani. Lalu, kami diberi pekerjaan rumah, yaitu menuliskan refleksi pribadi serta mempersiapkan diri, dan materi untuk sesi pidato keesokan harinya.

Pada hari kedua, kami berkumpul di Auditorium pada pukul 06.55 pagi untuk segera memulai LDK di hari kedua. Pada sesi pertama, kami dibagi ke dalam kelompok kecil untuk berpidato. Lalu, yang terbaik dari kelompok akan berpidato di depan 33 orang atau kami semua. Kemudian, kami memilih satu orang yang menurut kami sendiri baik dalam hal berpidato. Selanjutnya, kami belajar memberikan apresiasi positif kepada teman-teman. Dalam hal ini, kami bebas memilih siapa yang akan diberi apresiasi. Kegiatan ini sangat berguna untuk orang yang memberi dan yang menerima apresiasi. Kemudian, kami masuk ke dalam proses organisasi yang meliputi debat, diskusi, dan rapat. Kami dibagi ke dalam empat kelompok besar untuk berdiskusi dalam kelompok. Setelah itu, kami berdebat dengan kelompok lain untuk saling beradu argumen. Kegiatan ini berlangsung sangat seru karena secara tidak langsung kami diajak untuk berpikir kritis dan berani maju untuk menjadi perwakilan kelompok dalam debat. Setelah itu, pada kegiatan rapat kami mendapat pengalaman penting dari kesalahan-kesalahan untuk dijadikan pelajaran agar kedepannya, semua rapat bisa terencana dan berjalan dengan baik. Kegiatan selesai di hari kedua dan tentu kami diberi pekerjaan rumah. Kami harus membuat refleksi serta mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk rapat pada hari Rabu besok.

Sampailah di hari terakhir kami mengikuti LDK. Kami bersiap di ruang auditorium seperti hari-hari kemarin. Kami menggunakan hari terakhir ini untuk rapat seharian penuh. Kami membahas hal-hal penting seperti membuat dan menentukan visi misi OSIS SMP 2020, mempresentasikan program rutin, dan program baru setiap seksi, serta sebagainya. Kami senang dan bangga karena bisa mencapai hasil rapat yang baik. Namun, banyak konflik atau masalah dalam rapat yang dilakukan. Selesai rapat pada pukul 2.45 sore dan 15 menit yang ada digunakan untuk mengulang hal apa saja yang sudah dipelajari selama tiga hari ini dan melakukan refleksi diri. Pembina pun menyampaikan harapan kepada kami yaitu Badan Pengurus OSIS 2020 agar dapat menjalani semua kegiatan dan program OSIS dengan baik.

Kegiatan LDK yang saya dan teman-teman OSIS jalani, tentu ada hal atau point-point penting yang kami dapat. Bagi saya sendiri, saya belajar untuk dapat bekerja sama dengan siapapun, menjalin komunikasi yang baik, berpikir positif, dan mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Saya berharap, Badan Pengurus OSIS yang baru bisa menjalani semua kegiatan maupun menghadapi masalah dengan penuh semangat dan meningkatkan kualitas OSIS SMP Santa Ursula BSD menjadi organisasi yang lebih berkualitas.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 166
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back