ODHA Adalah Saudara Kita

  • Posted: 2020-12-01
  • By: Yulia Mariyani

HIV (Human Immunodeficiency Virus) ditemukan pertama kali pada decade 70an di Afrika. Pada tahun 1981, HIV/AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) menjangkiti manusia. AIDS terjadi ketika virus HIV menyebabkan kerusakan serius pada sistem imun. Temuan pertama terjadi pada warga Los Angeles, Amerika Serikat. Sejak saat itu AIDS menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Hingga bulan Juni 2019, tercatat 349.883 warga Indonesia terjangkit penyakit ini.  Penyakit ini bukan penyakit biasa. Ahli-ahli kedokteran di dunia pun belum menemukan vaksin yang sanggup melawan keganasan HIV/AIDS hingga saat ini. 

Setiap tanggal 1 Desember kita memperingati Hari AIDS Sedunia. Peringatan ini untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat tentang bahaya penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV. Penanda peringatan ini adalah pita merah. Selain itu, peringatan Hari AIDS Sedunia juga sebagai wujud solidaritas bagi penderita HIV/AIDS yang disebut dengan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Selama ini penderita HIV/AIDS banyak mengalami diskriminasi dan stigmatisasi sehingga tersisih di masyarakat.

Dalam pembelajaran kolaborasi mata pelajaran IPA, Bahasa Inggris, dan Seni kelas IX,  kami mengajak anak-anak untuk mengambil bagian dalam kampanye penyadaran anti diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS. Kampanye ini diwujudkan dalam aktivitas pembuatan poster yang serentak akan diposting di Instagram masing-masing peserta didik. Konten-konten dalam poster mengajak warganet untuk berhenti mendiskriminasi penderita HIV/AIDS. Kami berharap melalui langkah sederhana ini mampu memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan solidaritas bahwa ODHA adalah saudara kita. Stop diskriminasi penderita HIV/AIDS dan jangan pernah melakukan tindakan-tindakan yang beresiko terinfeksi HIV/AIDS.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back